Mohon tunggu...
M Syahrul Utama
M Syahrul Utama Mohon Tunggu... Mechanical Engineering of Education | MediaPreneurship | Content Creator | WartaLombok.com

M. Syahrul Utama مُحَمَّدُ شَهْرُالْأُتَمَاا | Guru dan Tenaga Kependidikan | S.Pd. GTK SMK Bisa | PRMN / Pikiran-Rakyat.com Media Network | Content Creator | WartaLombok.com | http://syahrulutama.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Facebook Memiliki Waktu 6 Bulan untuk Menentukan Apakah Akun Trump Bisa Kembali

6 Mei 2021   03:34 Diperbarui: 6 Mei 2021   03:39 46 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Facebook Memiliki Waktu 6 Bulan untuk Menentukan Apakah Akun Trump Bisa Kembali
Tangkapan Layar AKun Facebook Donal Trump/Facebook/Cirebon Raya

Dewan pengawas Facebook Inc (FB.O) pada hari Rabu menguatkan penangguhan perusahaan terhadap mantan Presiden AS Donald Trump tetapi mengatakan perusahaan itu salah karena membuat penangguhan tidak terbatas dan memberinya waktu enam bulan untuk menentukan "tanggapan yang proporsional."

Trump menyebut keputusan dan pelarangannya di seluruh platform teknologi "benar-benar memalukan" dan mengatakan perusahaan akan "membayar harga politik."

Keputusan dewan yang paling ditunggu-tunggu telah diawasi untuk sinyal tentang bagaimana perusahaan media sosial terbesar di dunia akan memperlakukan para pemimpin politik yang melanggar aturan di masa depan, area utama kontroversi untuk platform online.

Dewan, yang dibuat oleh Facebook untuk memutuskan sebagian kecil dari keputusan kontennya, mengatakan perusahaan itu benar untuk melarang Trump menyusul penyerbuan Capitol 6 Januari oleh pendukung pro-Trump.

Facebook tanpa batas waktu memblokir akses Trump ke akun Facebook dan Instagram-nya karena kekhawatiran akan kerusuhan lebih lanjut setelah kerusuhan 6 Januari. Itu memberlakukan penangguhan setelah menghapus dua posting Trump selama kerusuhan Capitol, termasuk video di mana dia mengatakan pendukung harus pulang tetapi mengulangi klaim palsunya tentang penipuan pemilih yang meluas, mengatakan "Saya tahu rasa sakit Anda. Saya tahu Anda terluka. Kami memiliki pemilu yang dicuri dari kami. "

Tetapi dewan mengatakan Facebook secara tidak tepat memberlakukan penangguhan tanpa standar yang jelas dan bahwa perusahaan harus menentukan tanggapan yang konsisten dengan aturan yang diterapkan kepada pengguna lain. Dikatakan bahwa perusahaan dapat menentukan bahwa akun Trump dapat dipulihkan, ditangguhkan sementara atau diblokir secara permanen.

"Hukuman tak terbatas semacam ini tidak lolos uji penciuman internasional atau Amerika untuk kejelasan, konsistensi, dan transparansi," kata mantan hakim federal Michael McConnell, ketua bersama Dewan Pengawas, dalam konferensi pers setelah mempublikasikan keputusannya pada Rabu, seperti dilansir dari Reuters.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters, salah satu ketua dewan dan mantan Perdana Menteri Denmark Helle Thorning-Schmidt mengatakan bahwa tokoh masyarakat seharusnya tidak diizinkan untuk menghasut kekerasan atau menimbulkan kerugian melalui postingan mereka, tetapi Facebook "tidak bisa begitu saja menciptakan sanksi baru saat mereka pergi."

Dalam keputusannya, dewan mengatakan Facebook menolak menjawab beberapa dari 46 pertanyaan yang diajukan, termasuk tentang bagaimana umpan beritanya memengaruhi visibilitas posting Trump, dan apakah perusahaan berencana untuk melihat bagaimana teknologinya memperkuat konten seperti yang telah dilakukannya. dalam peristiwa yang mengarah ke pengepungan Capitol.

Dewan mengatakan kebijakan Facebook yang ada, seperti memutuskan kapan materi terlalu layak diberitakan untuk dihapus, perlu dikomunikasikan dengan lebih jelas kepada pengguna. Ia juga meminta Facebook untuk mengembangkan kebijakan yang mengatur bagaimana menangani situasi baru di mana aturan yang ada tidak akan cukup untuk mencegah bahaya yang akan segera terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN