Mohon tunggu...
Rohmat Syahru Romadlon
Rohmat Syahru Romadlon Mohon Tunggu... Teknisi - Blogger, Traveler, Farmer

Saya lima tahun tinggal di Mesir dan Sudan

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Caraku Menjaga Kebugaran Ketika Tinggal di Afrika

18 Juni 2020   22:01 Diperbarui: 18 Juni 2020   21:51 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemberlakuan lockdown saat seminggu sebelum puasa, antrian bensin mengular di kota Khartoum. Sumber foto: Pribadi

Perkenalkan nama saya Rohmat. Saya seorang buruh migran yang saat ini bekerja di negara Sudan. Bagi yang belum tahu, Sudan berada di benua Afrika. Ibukotanya adalah Khartoum.

Saya memiliki hobi menulis, khususnya menulis di media blog. Selain menulis di Kompasiana, saya juga menulis di blog pribadi saya di www.redhatblog.com. Teman-teman bisa baca tulisan saya yang lain di sana.

Kompasiana adalah media saya untuk menulis sekaligus membangun relasi dengan sesama penulis. Kebetulan saya membuka tautan event.kompasiana.com dan saya melihat ada lomba menulis blog KetapelsXTokoSepatuJaya. Lomba ini adalah kerja sama antara Lomba Ketapels dan Toko Sepatu Jaya. 

Dan kali ini saya ingin berbagi cerita tentang kehidupan sehari-hari selama berada di Sudan terutama di saat pandemi ini. 

Kondisi Kota Khartoum saat ini

Saat ini pemerintah kota Khartoum sedang memberlakukan lockdown. Kondisi ini diberlakukan sejak 18 April 2020 hingga 17 Juni 2020. Pemerintah Sudan berencana membuka kembali lockdown pada tanggal 18 Juni 2020. Aktivitas ekonomi pun rencananya dibuka secara bertahap setelah tanggal 18 Juni 2020.

Warga masyarakat diperbolehkan untuk keluar rumah dan berbelanja kebutuhan sehari-hari mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 03.00 sore. Setelah itu, toko-toko makanan harus tutup.

Bagi mereka yang bekerja dan mengharuskan hadir di tempat seperti karyawan perusahaan listrik, perusahaan telekomunikasi, perusahaan air,  dan perusahaan makanan, maka perusahaan menyediakan sebuah surat ijin keluar yang dicap oleh otoritas setempat. Berbekal surat ijin ini pula, saya tetap bisa berangkat bekerja dan pulang sebelum petang.

Kondisi jalanan kota Khartoum yang lengang karena pemberlakuan lockdown. Sumber foto: Pribadi
Kondisi jalanan kota Khartoum yang lengang karena pemberlakuan lockdown. Sumber foto: Pribadi

Olahraga ringan di rumah

Kondisi Khartoum yang panas membuat badan cepat lelah. Meskipun sudah tidur selama 7-8 jam, badan biasanya masih lelah karena cuaca yang panas di malam hari. Mau tidur pakai kipas angin badan malah jadi masuk angin kurang enak di pagi harinya. Solusinya adalah dengan olahraga ringan di pagi hari selepas bangun tidur. 

Adapun olahraga yang saya lakukan adalah peregangan. Peregangan mulai dari leher, tangan, pinggang dan kaki. Dengan metode olahraga ini, badan jadi lebih terasa ringan dan tidak terasa lelah lagi.

Lari pagi di depan rumah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun