Mohon tunggu...
Syahrial
Syahrial Mohon Tunggu... Guru - Guru Madya

Guru yang masih belajar dari menulis

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tunjangan Profesi Guru Terlambat Cair, Guru: Sabar dan Syukur

17 November 2023   00:01 Diperbarui: 17 November 2023   00:08 1368
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. sumeks.disway.id

"Kesabaran adalah pilar kebijaksanaan, dan rasa syukur adalah kunci kebahagiaan di setiap langkah." 

Keterlambatan pencairan dana tunjangan profesi guru seringkali menimbulkan rasa kecewa dan frustrasi di kalangan para pendidik. Tunjangan profesi bukan hanya sekadar angka dalam rekening, tetapi juga menjadi salah satu pilar utama pendapatan, khususnya bagi guru honorer yang bergantung padanya. Meski demikian, dalam menghadapi keterlambatan ini, guru dapat mengambil langkah-langkah bijak, seperti meningkatkan kesabaran dan rasa syukur.

Kesabaran sebagai Kunci Menghadapi Tantangan 

Kesabaran memegang peran krusial dalam menghadapi situasi yang tidak sesuai dengan harapan, terutama dalam konteks pencairan dana tunjangan profesi. Dengan bersikap sabar, seorang guru dapat menghindari tindakan impulsif yang berpotensi merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Sikap sabar memberikan ruang untuk merenung dan mencari solusi terbaik tanpa terjebak dalam gelombang emosi negatif.

Selain itu, kesabaran juga menjadi fondasi dalam membangun ketahanan mental. Dalam menghadapi ketidakpastian, guru yang sabar cenderung lebih mampu menjaga keseimbangan pikiran dan tetap fokus pada upaya mencapai penyelesaian. Kesabaran tidak hanya mengajarkan untuk menunggu, tetapi juga membekali dengan ketahanan untuk mengatasi tantangan dengan kepala dingin dan sikap bijak. 

Mengapa Pencairan Dana Tunjangan Profesi Terlambat? 

Langkah awal dalam meningkatkan kesabaran adalah memahami penyebab keterlambatan pencairan. Bisa jadi faktor administratif, perubahan kebijakan, atau alasan lain yang di luar kendali guru. Dengan pemahaman ini, guru dapat menghadapi situasi dengan lebih bijak dan tidak mudah terpengaruh oleh rasa kecewa.

Selain itu, penting untuk memperkuat komunikasi dengan pihak terkait, seperti lembaga atau instansi yang bertanggung jawab atas pencairan dana. Dengan menjalin hubungan yang baik, guru dapat memperoleh informasi secara lebih cepat dan transparan, mengurangi ketidakpastian yang mungkin menjadi pemicu ketegangan. Dengan demikian, guru dapat membangun kesabaran yang lebih kokoh dalam menghadapi kendala-kendala administratif yang mungkin muncul.

Sikap Realistis: Antisipasi Terlambatnya Pencairan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun