Mohon tunggu...
Syafri Ramadhan
Syafri Ramadhan Mohon Tunggu... Universitas Pendidikan Ganesha

Berbisnis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tujuan Inspirational, Preskriftif, dan investigative filsafat pendidikan

25 September 2025   14:36 Diperbarui: 25 September 2025   14:36 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tujuan Inspirational dan Preskriptif dalam Filsafat Pendidikan

  1. Apa itu Filsafat Pendidikan
    Filsafat pendidikan adalah cabang filsafat terapan yang mengkaji tujuan, nilai, metode, dan dasar teori pendidikan. Ia meninjau pertanyaan seperti "apa manusia?", "apa pengetahuan?", "apa nilai?", dan kemudian menerapkannya pada kebijakan dan praktek pendidikan.
  2. Jenis-jenis Tujuan dalam Filsafat Pendidikan
    Dalam literatur filsafat pendidikan biasa dibedakan beberapa jenis tujuan yang berkaitan dengan bagaimana filsafat pendidikan memberikan arah dan pedoman. Di antaranya:
    • Inspirational Purpose / Tujuan Inspiratif
      Memberi inspirasi, motivasi, cita-cita ideal, serta visi masa depan yang diharapkan. Tujuan ini membantu membentuk nilai-nilai dan orientasi jangka panjang pendidikan. Contoh: membentuk manusia berkarakter luhur; mencetak warga negara yang bertanggung jawab, kreatif, berbudaya; visinya: pendidikan sebagai alat pembebasan atau transformasi sosial.
    • Prescriptive Purpose / Tujuan Preskriptif
      Menetapkan norma, standar, pedoman, dan aturan tentang apa yang "seharusnya" dilakukan dalam pendidikan. Tujuan ini lebih konkret dan operasional dibanding inspirational. Misalnya, pendidikan wajib, kurikulum nasional, kompetensi lulusan, nilai-nilai moral tertentu yang harus diajarkan.
  3. Kaitannya dengan Tujuan Lain
    Filsafat pendidikan juga terkadang mengandung tujuan analitik (menguraikan konsep, klarifikasi pemikiran) dan investigatif (menyelidiki/menguji praktik) selain inspirational dan preskriptif.

Tujuan Inspiratif: 

Komponen

Penjelasan

Sifat

Ideal, jangka panjang, memberi arah moral dan nilai, bersifat motivasional

Fungsi

Memberi cita-cita, membangkitkan semangat; menjadi basis visi pendidikan; mendorong transformasi sosial; pengembangan karakter dan kepribadian; menjaga nilai-nilai dasar

Contoh-contoh Praktis

Memberikan visi pendidikan nasional dalam Undang-Undang No.20 Tahun 2003 bahwa "pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk... mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan..."; Menginspirasikan guru untuk menciptakan proses pembelajaran ideal dengan memperhatikan keseimbangan nilai moral dan intelektual.

Tujuan Preskriptif:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun