Mohon tunggu...
Syafira Ainu
Syafira Ainu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

KKN Tematik Gelombang 2 2021

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik 2021 Gelombang 2, Membangun Pendidikan Melalui Literasi Baca Tulis, Literasi, Numerasi, dan Literasi Sains

25 September 2021   20:32 Diperbarui: 25 September 2021   20:40 42 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pandemi covid 19 sudah terjadi di Indonesia dalam kurun waktu 17 bulan, berbagai kebijakan pun dikeluarkan oleh pemerintah terutama dalam bidang pendidikan.  Sebelum pandemi melanda  pendidikan di Indonesia dilakukan secara tatap muka siswa dapat bermain dan gembira di sekolah tanpa adanya rasa was-was seperti sekarang ini munculnya pandemic pada saat ini membuat kegiatan belajar mengajar  dilakukan secara daring atau online berbagai permasalahan bermunculan terutama bagi para tenaga pendidik, yang harus extra dalam menyiapkan media pembelajaran yang kreatif bagi siswa belajar di rumah agar siswa tersebut tidak mudah bosan dan jenuh. 

Bukan hanya tenaga pendidik saja namun disini juga dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai di rumah serta peran orang tua dalam berkolaborasi pembelajaran di rumah orang tua pun dalam hal ini mau tidak mau harus dipaksakan untuk melek digital, hal tersebut memang arus dipaksaka, karena untuk dapat membimbing anak dalam hal pembelajaran daring saat ini agar para siswa juga dapat merasakan suasana di sekolah walaupun tetap berada di rumah. 

Namun pada kenyataannya masih banyak orang tua yang belum memanfaatkan secara maksimal sarana digital di era sekarang ini contohnya seperti tidak semua orang tua memiliki belum memiliki handphone berbasis android yang sangat dibutuhkan di zaman seperti sekarang ini untuk membantu pembelajaran daring serta masih kurangnya tenaga pendidik dalam mengkreatifkan atau memanfaatkan media digital yang kreatif bagi para siswa saat belajar di rumah. 

Kedua hal tersebut menjadi permasalahan yang utama dalam bidang pendidikan saat ini ketika guru sudah memiliki media yang kreatif namun para siswanya masih belum memiliki sarana yang memadai, begitupun sebaliknya. Maka dari itu dibutuhkan kebijakan yang bukan hanya dilihat dari satu sisi namun juga harus melihatnya secara menyeluruh.

Oleh karena itu UPI melalui program Kuliah Kerja Nyata 2021 mengangkat tema literasi  (numerasi, sains, baca tulis, digital, finansial, budaya dan kewargaan) Serta Rekognisi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Pusat-Prestasi Nasional yang bertujuan untuk mengembangkan budayaliterasi di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayr sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup. 

Dalam hal ini mahasiswa pun di butuhkan perannya di sekolah-sekolah untuk dapat membantu para tenaga pendidik dalam membuat media pembelajaran digital yang kreatif ataupun memanfaatkan berbagai media digital dalam mendukung berbagai literasi bagi para siswa ataupun orang tua sebagaimana agar tercapainya  tujuan tersebut.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan