Mohon tunggu...
Syafiudin
Syafiudin Mohon Tunggu... Blogger Indonesia

Strukturpola

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Cerdas Memilih Kopi Excelsa yang Murni

6 April 2019   10:15 Diperbarui: 6 April 2019   11:26 0 1 1 Mohon Tunggu...

Kopi Excelso Murni Wonosalam - Di Indonesia, kopi sudah merupakan salah satu minuman yang sangat digemari. Bahkan, beberapa kopi di Indonesia sudah mampu bersaing di pasar luar negeri. Salah satunya adalah kopi exelsa Wonosalam Jombang Jawa Timur.

Bagi para penggemar varietas kopi, tentunya tidak asing dengan nama kopi excelsa Wonosalam. Kopi satu ini memiliki sebuah ciri khas yang kuat pada rasanya sehingga kopi excelsa Wonosalam dikenal dengan karakteristik rasanya yang unik dan khas.

Wonosalam merupakan daerah dataran tinggi dengan banyaknya tumbuhan palawija yang tumbuh baik pada daerahnya. Oleh karenanya di Wonosalam pun banyak ditemui beberapa kopi jenis lainnya, seperti kopi robusta, liberika dan arabica.

Dari ketiga jenis diatas memiliki sebuah perbedaan rasa dan karakteristiknya. Hal ini sudah saya bahas pada pembahasan perbedaan jenis kopi pada beberapa minggu lalu.

Harga Kopi Excelsa Wonosalam

Kopi excelsa Wonosalam memiliki harga yang relatif dapat dijangkau. Anda dapat membelinya secara lansung melalui petani kopi excelsa (jika Anda ingin mengolahnya sendiri) atau membelinya dengan berupa kopi bubuk asli di marketplace atau di media Internet launnya.

Saya sendiripun rencanaya akan memasarkan produk kopi excelsa Wonosalam asli melalui marketplace yang akan saya kelola.

Namun sayangnya, banyak sekali para penjual kopi excelsa Wonosalam yang tidak memberikan sebuah keaslian kopi kepada para pembeli, namun memberikan sebuah pangantar produk yang mengatakan bahwa kopi yang mereka jual adalah "kopi excelsa asli".

Nah, bagi Anda yang benar-benar penggemar kopi nusantara, saya sarankan agar lebih selektif lagi dalam memilih dan memilah kopi asli. Sederhananya, silahkan Anda membeli produk kopi excelsa asli dengan mempertimbangkan warna kopinya. Karena kopi asli adalah kopi yang memiliki bubuk berwarna hitam kecokelatan, bukan yang cokelat kemerahan.