Mohon tunggu...
Suyono
Suyono Mohon Tunggu... Guru - Guru SD dan Pengurus Cabang Olahraga

saya seorang guru sd yang suka mempublikasi karya tulisan, mulai dari mengangkat kisah dan prestasi guru.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak (CGP Angkatan 10 Kabupaten Muaro Jambi)

12 Mei 2024   14:02 Diperbarui: 12 Mei 2024   14:06 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
gambar milik suyono

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam dan Bahagia rekan-rekan guru hebat.
Pada kesempatan kali ini, dengan kerendahan hati dan semangat pembelajaran yang membara, saya ingin berbagi refleksi dwi mingguan saya dalam mempelajari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Sebagai seorang calon guru penggerak yang berdedikasi untuk meningkatkan mutu pendidikan, jurnal refleksi ini menjadi wadah untuk menggali pengalaman, pemikiran, dan emosi yang muncul selama proses pembelajaran dua minggu terakhir. Melalui penulisan ini, saya berharap dapat merenungkan perjalanan belajar saya, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, serta merumuskan langkah-langkah konstruktif untuk pertumbuhan pribadi dan profesional ke depannya .
Dan sebagai calon guru penggerak saya akan merefleksikan seluruh rangkaian kegiatan selama mempelajari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak dengan model refleksi 4F (Fact, Feeling, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Dan berikut ulasan jurnal refleksi dwimingguan modul 1.3. Visi Guru Penggerak.

  • Fact (Peristiwa) :
    Selama dua minggu terakhir, saya telah terlibat dalam pembelajaran intensif tentang Visi Guru Penggerak. Setiap hari diisi dengan kuliah, diskusi kelompok, tugas mandiri, dan refleksi pribadi.
    Pada minggu ke 3 bulan April yaitu tanggal 23 April 2024 pesan melalui grup whatshap dan forum komunikasi modul 1.3 yang di sampaikan oleh Fasilitator yaitu Bu Endang Putri Astutik sebagai pengantar modul 1.3 yaitu visi guru penggerak untuk mengingatkan kepada seluruh cgp untuk memulai aktifitas pembelajaran. Pada Forum komunikasi ini, sebagai sarana untuk menyampaikan saran, atau kendala/kesulitan yang dihadapi Ibu/Bapak CGP kelas 10.11 dalam menyelesaikan aktivitas pembelajaran modul 1.3  saya mulai mempelajari materi mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri. Pada modul ini CGP diarahkan dapat merumuskan visinya sebagai guru penggerak yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila . dan pada eksplorasi konsep saya belajar memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendikan .Memasuki aktivitas pembelajaran LMS Modul 1.3 hari ini, Kamis, 25 April 2024 adalah:
    1.3.a.3 Mulai Dari Diri - Modul 1.3
    Aktivitas CGP pada aktivitas Mulai Dari Diri yaitu:
    1 Membaca Petunjuk Refleksi Mandiri 1
    2 Membuat Satu Gambar dengan tema:  "Imajiku tentang Murid di masa 5 -10 tahun mendatang". alur bimbingan yang disampaikan oleh fasilitator sangatlah membantu dalam menjawab tantangan yang saya hadapi dalam menyelesaikan tugas juga dalam menyelesaikan modul ini. dan alhamdulilah tahap adaptasi yang saya lakukan membuahkan hasil baik sehinggal saya dapat menyelsaikannya.  sampailah pada 1.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Berbagi Visi Murid Impian saya menyampaikan gagasan mengenai visi murid impian dan beberapa materi yang menuntut pemikiran saya untuk dapat menarik ke arah sebuah impian untuk murid-murid saya di sekolah. selanjutnya saya menjalani vcon dalam agenda ruang Kolaborasi Modul 1.3 dengan fasilitator saya yaitu Ibu Endang Putri Astutik, M.Pd  dengan didampingi pengajar Pratik Bapak Candra Pabakti, S.Pd. Membahas materi tentang "Pernyataan prakarsa perubahan BAGJA  ". Dalam diskusi dibentuk 3 kelompok.
    Dan saya di kelompok 2  bersama bu Siti, bu narsih, bu desi, bu erni.  Saya dan anggota kelompok yang lain harus merumuskan visi sebagai guru penggerak dan harus disepakati satu kelompok kemudian kita harus membuat sebuah prakarsa perubahan dan kita juga harus membuat tahapan BAGJA nya sesuai dengan prakarsa perubahan kita yang telah disepakati satu kelompok.
    Selain itu saya juga belajar memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan. Saya juga belajar tentang tahapan BAGJA yaitu Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, gali Mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi. selanjutnya Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi serta pemberian Umpan balik dan  saling diskusi menyampaikan pendapat dan mengomentari pendapat kelompok lain. Banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang saya dapatkan di kegiatan presentasi tesebut.
    Pada tanggal 04 Mei 2024 saya mengikuti Lokakarya 1, bertempat di SD IT Al-Azhar 57 di CitraRaya City Mendalo-Jambi, dari jam 08.00 sampai jam 16.00, saya belajar dan berdiskusi komunitas Praktisi , Mengidentifikasi Komunikasi Praktisi dan menganalisa Pemetaan Komunitas Praktisi, serta memahami Peran Guru Penggerak dalam menggerakkan Komunitas Praktisi, melihat potensi komunitas Praktisi, materi diberikan secara menarik dan menyenangkan oleh para Pengajar Praktek , dengan diselingi ice breaking dan permainan yang bermakna  dan sangat menyenangkan .

    Pada tanggal 07 Mei 2024 alhamdulilah saya mempelajari materi demonstrasi kontekstual dan upload tugasnya, jatuh tempo penugasan mandiri demontrasi Konstektual pada tanggal13 Mei 2024, sengaja jauh-jauh hari dikarenakan banyaknya kegiatan sekolah yang sama-sama di selesaikan. kegiatan Elaborasi Pemahaman via Video Converence bersama pada tanggal        : Selasa, 7 Mei 2024 Instruktur pada Modul 1.3 Adapun pelaksanaannya adalah:  Sesi: 2, pukul 15.30-17.00 WIB 1.3.a.7.1 Elaborasi Pemahaman Modul 1.3. Prakarsa Perubahan Diri  kita vcon dengan Instruktur : BP. FAISAL BAHAR dalam elaborasi pemahan sebagai penguatan untuk modul 1.3 ini. Disini kita telah belajar antara lain menentukan kalimat visi yang sesuai profil pelajar Pancasila, menentukan prakarsa perubahan yang menantang,bermakna,kontekstual dan relevan, memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari visi yang akan dicapai , membuat tahapan BAGJA untuk rencana perubahan ditempat dimana kita berkarya menggunakan paradigma dan pendekatan inkuiri apresiatif dan menjalankan semua rencana perubahan tersbut ditempat kita berkarya. Di tanggal yang sama saya mulai mengerjakan tugas Koneksi antar materi yang jatuh pengumpulan tugasnya tanggal11 Mei 2024. berikut link nya : https://youtu.be/nHFM8P9gMdE?si=pFZmhqPayxVq1plk
    Tanggal 12 Mei 2024 saya mulai membuat Jurnal Refleksi Dwimingguan. Dan tanggal 13 Mei 2024 , mulai membuat Aksi nyata modul 1.3

  • Perasaan (Feeling):
    Perasaan saya selama dua minggu ini bervariasi. Awalnya, saya merasa antusias dan penuh semangat untuk mempelajari topik ini. Namun, seiring berjalannya waktu, perasaan tersebut terkadang berganti menjadi kebingungan dan kelelahan karena kompleksitas materi dan tuntutan yang tinggi. Perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak ini adalah senang dan semakin termotivasi untuk semangat dalam menjalankan pendidikan guru penggerak. Selain itu saya juga bersemangat dalam menerapkan dan menjalankan visi dan menjalankan rencana perubahan yang sudah saya rumuskan. Semangat dan motivasi saya ini akan membuat aura positif dalam menjalankan prakarsa perubahan saya sehingga visi saya akan terwujud. Banyak hal baru yang saya pelajari dalam materi modul 1.3 untuk membuat  visi gambaran untuk mewujudkan murid  yang berkarakter baik dimasa mendatang.
  • Pembelajaran (Findings):
    Setelah mempelajari modul 1. 3 ini saya dapat mengetahui bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi, terencana, dan memahami inquiri apresiatif (IA) sebagai paradigma. Tahapan BAGJA merupakan gubahan tahapan Inkuiri Apresiatif sebagai pendekatan manajemen perubahan yang pertama kali diperkenalkan oleh Cooperrider ke dalam langkah 4D Discover-Dream-Design-Deliver (Cooperrider & Whitney, 2005) yang kemudian dalam praktik-praktik selanjutnya tahapan Discover dipecah menjadi Define dan Discover (Cooperrider et.al, 2008). Akronim dari BAGJA sendiri adalah Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi. Dalam menyusun tahapan BAGJA dapat melalui tindakan seperti ATM (amati, tiru, dan modifikasi). Dari pengalaman ini, saya menyadari betapa pentingnya visi dalam menjalankan peran sebagai seorang guru penggerak. Saya juga memahami bahwa membangun visi yang kuat memerlukan refleksi mendalam tentang nilai-nilai, keyakinan, dan tujuan saya sebagai seorang pendidik. Selain itu, saya menemukan bahwa berbagi pengalaman dan ide dengan sesama calon guru penggerak sangat berharga dalam memperkaya pemahaman saya.  
  • Future ( Penerapan)

    Setelah mempelajari modul 1.3 ini yaitu tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi yaitu ""Terwujudnya murid ,berakhlak mulia, berprestasi, berkarakter Profil Pelajar Pancasila." "  yang sesuai dengan profil Pelajar Pancasila". Dan saya akan menerapkan prakarsa perubahan yang saya rumuskan yaitu ""Mewujudkan lingkungan belajar, yang menyenangkan  dalam Literasi, berkarakter dalam mewujudkan profil pelajar pancasila dimensi mandiri dan kreatif ". Melalui sebuah strategi literasi dan  diunggah dalam media sosial 'youtobe"

    Melalui  pembelajaran yang menyenangkan yang berpihak pada murid sehingga membuat murid berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan ide dalam pembelajaran. Untuk mewujudkan murid yang kreatif melalui pembelajaran yang menyenangkan saya harus melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan saya sebagai guru penggerak.

    Demikianlah Jurnal Dwi Mingguan saya terkait modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak.

    Salam Guru Penggerak !!!


    Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan

    CGP ANgkatan 10 Kabupaten Muaro Jambi
    Mendalo, 12 Mei 2024

    Suyono, S.Pd

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun