Mohon tunggu...
Sutomo Paguci
Sutomo Paguci Mohon Tunggu... Pengacara - Advokat

Advokat, berdomisili di Kota Padang, Sumatera Barat | Hobi mendaki gunung | E-mail: sutomo1975@yahoo.co.id | Wajib izin untuk setiap copy atau penayangan ulang artikel saya di blog atau web portal |

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Mengenal Triarga, Tiga Gunung Penyangga Langit Minangkabau

18 Agustus 2021   19:55 Diperbarui: 3 Juni 2022   11:51 1648 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gunung Singgalang dan Tandikek dilihat dari puncak gunung Marapi (Dokumentasi Pribadi)

MINANGKABAU mencakup pengertian etnisitas (ethnic group) maupun wilayah kebudayaan (culture area). Secara etnis, Minangkabau dinisbahkan pada etnis Minang dalam garis keturunan matrilineal yang berbahasa dan beradat Minangkabau.

Secara wilayah kebudayaan, berarti kawasan yang memiliki konsep budaya yang sama dengan ciri-ciri budaya yang juga sama, meliputi seluruh provinsi Sumatera Barat saat ini, kecuali Kepulauan Mentawai.

Di samping itu, wilayah kebudayaan Minangkabau juga terbentang di luar provinsi Sumatera Barat, meliputi separuh daratan Riau, bagian utara Bengkulu, bagian barat Jambi, pantai barat Sumatera Utara, barat daya Aceh, dan Negeri Sembilan di Malaysia.

N a h, di tengah-tengah pusat etnisitas dan wilayah kebudayaan Minangkabau tersebut, terdapatlah tiga buah gunung yang dipercaya sebagai Penyangga Langit Minangkabau.

Ketiganya seperti sebuah tungku yang menjulang ke langit di tengah wilayah Minangkabau. Mungkin ini alasan ketiganya disebut penyangga langit Minangkabau.

Tiga gunung itu adalah Marapi, Singgalang, dan Tandikek. Ketiganya mendapat tempat yang unik dan agung dalam kebudayaan Minangkabau.

Legenda sejarah lisan dalam Tambo Minangkabau menyebutkan, bahwa asal usul nenek moyang orang Minangkabau berasal dari gunung Marapi.

Gunung Marapi dilihat dari puncak gunung Singgalang (Dokumentasi Pribadi)
Gunung Marapi dilihat dari puncak gunung Singgalang (Dokumentasi Pribadi)

Gunung Marapi

Gunung Marapi berketinggian 2.891 mdpl. Secara administratif terletak di Kabupaten Tanah Datar dan Agam.

Gunung api bertipe kerucut (stratovolcano) ini menjulang tinggi dan terlihat sangat jelas dari kota Bukittinggi, Padang Panjang, dan Batusangkar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan