Sutomo Paguci
Sutomo Paguci Advokat

Menulis sebagai rekreasi | sutomo1975@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Menikmati Keindahan Gunung Talang dari Tiga Tempat Favorit Ini

9 Maret 2018   13:51 Diperbarui: 10 Maret 2018   00:33 1738 12 5
Menikmati Keindahan Gunung Talang dari Tiga Tempat Favorit Ini
Menuju gunung Talang yang nampak di kejauhan (Dokumentasi Pribadi)

Dengan ketinggian hanya 2.597 mdpl, gunung Talang di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, menjadi favorit para pendaki lokal dan luar daerah. Selain sangat indah dan megah, gunung ini relatif mudah untuk didaki oleh anak kecil sekalipun.

Keindahan gunung ini dapat dinikmati secara maksimal pada musim kemarau sekitar bulan April s/d Oktober pada tiap tahunnya. Ada tiga titik atau tempat paling pas untuk menikmati keindahan dan kemegahan gunung Talang, yaitu: di puncak utama (top), puncak hutan mati dan cadas. Berikut ini diskripsi dan foto-fotonya.

1. Di puncak tertinggi

Pemandangan dari puncak sisi timur (dokpri)
Pemandangan dari puncak sisi timur (dokpri)
Untuk mencapai puncak tertinggi 2.597 mdpl ini, berjalanlah sekitar 15-30 menit dari puncak hutan mati, pertama-tama dengan melalui tanjakan dengan kiri-kanan uap belerang, lalu sampai di puncak bendera. Dari puncak bendera perjalanan dilanjutkan naik sebuah bukit, turun, menanjak lagi dan sampailah di puncak utama.

Puncak tertinggi ada di lereng timur. Setelah sampai di sini, berjalan ke arah kanan puncak untuk menikmati panorama danau kembar (danau Atas, Bawah dan Talang) dan gunung Kerinci di kejauhan. Berjalan ke arah kiri puncak untuk menikmati panorama Kota Solok, barisan gunung Sago, Marapi, Singgalang, dan Tandikat.

Pemandangan puncak dari lereng sisi timur (dokpri)
Pemandangan puncak dari lereng sisi timur (dokpri)
Untuk mendapatkan foto-foto keren di puncak tertinggi ini, datanglah pada waktu pagi sekitar pukul 07-10 atau sore hari antara pukul 16-18. Pada waktu-waktu inilah pencahayaan alami matahari sangat pas pada objek foto yang dibidik.

Di puncak tertinggi ini tidak ada sumber air. Waktu muncak bawalah air dari cadas. Jika belum lama turun hujan, biasanya ada genangan air di lembah sebelah kiri puncak hutan mati.

2. Di puncak hutan mati

Menikmati panorama dari puncak hutan mati (dokpri)
Menikmati panorama dari puncak hutan mati (dokpri)
Untuk mencapai puncak hutan mati, berjalan sekitar satu jam dari camp ground cadas. Treknya diliputi tanjakan yang cukup ekstrim dengan kemiringan sekitar 30-80 derajat. Wajib hati-hati. Akan lebih baik jika melewati trek licin dan curam ini pakai sepatu, jangan pakai sendal jepit.

Dari sini panorama danau kembar terlihat jelas. Perpaduan cahaya matahari dan kabut kadang membentuk pemandangan yang sangat indah ke arah danau kembar dan gunung Kerinci di kejauhan.

Sangat menyenangkan menautkan tali hammock di batang kayu, lalu menikmati panorama keindahan di bawahnya dari atas hammock, sambil mendengar musik, makan cemilan ringan dan obrolan santai antar pendaki.

Di sini ada area untuk mendirikan sekitar tiga tenda ukuran besar. Namun tidak disarankan ngekem di sini karena rawan terpaan badai dan uap belerang yang jaraknya sangat dekat. Pada malam hari, pemandangan sekitar gunung Talang terlihat jelas dari sini. Kerlap-kerlip lampu membentuk pemandangan malam yang sangat indah, seperti kerlap-kerlip lampu kapal pesiar di tengah lautan.

3. Di cadas

Puncak gunung Talang dilihat dari Cadas (dokpri)
Puncak gunung Talang dilihat dari Cadas (dokpri)
Inilah camp gorund terluas di gunung Talang. Cadas merupakan lembah cukup luas, titik paling pas untuk berkemah. Di sini dapat menampung ribuan tenda, jangan khawatir kehabisan tempat sekalipun pada akhir minggu atau momen ramai pendakian seperti tanggal 17 Agustus atau malam tahun baru.

Di cadas tersedia cukup banyak sumber air. Ada sungai kecil membela cadas. Namun pada waktu kemarau cukup panjang, sumber air di sini biasanya ikutan kering. Jika sampai satu bulan tidak turun hujan, akan lebih aman membawa air dari base camp R6 jalur Air Batumbuk atau sungai di pos 2 jalur Seroja .

Selain di lembah, tempat favorit mendirikan tenda berada di atas bukit tak jauh dari sini. Penulis pribadi lebih favorit mendirikan tenda di atas bukit ini dari pada di lembah bawahnya. Dari sini lebih leluasa memandang lanskap puncak gunung Talang dan beringsut sedikit terlihat panorama danau kembar. Panorama senja juga cukup menjanjikan di tempat ini.(*)

Camping ground cadas sore itu (dokpri)
Camping ground cadas sore itu (dokpri)
Senja di bukit cadas (dokpri)
Senja di bukit cadas (dokpri)