Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Wakil Asia di Piala Dunia Tumbang

6 Desember 2022   11:49 Diperbarui: 6 Desember 2022   12:12 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kroasia vs Jepang (sumber: cnnindonesia.com)

Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar,  berhasil menghadirkan enam negara yang mewakili Asia, yaitu tuan rumah Qatar, Arab Saudi, Iran, Jepang, Korea Selatan dan Australia, ke 6-nya berlaga terpisah pada 6 group dari 8 group yang tersedia.

Tiga negara gagal lolos ke babak 16 besar, yakni Qatar, Arab Saudi, dan Iran. Meski Arab Saudi sempat menggemparkan dunia karena sanggup mempermalukan Argentina 2-1, juga Iran yang menundukkan Wales 2-0.

Tiga negara yang berhasil lolos ke babak 16 besar adalah Jepang, Korea Selatan dan Australia. Bahkan Jepang berhasil muncul sebagai juara group diatas Spanyol.

Namun negara Asia tak satupun yang dapat melaju ke babak 8 besar. Dalam sistem gugur, Australia disisihkan Argentina 1-2, Korea Selatan disisihkan Brazil 1-4. Meski pada babak group Korea Selatan sempat mempermalukan Portugal 2-1, serta Australia menundukkan Denmark 1-0.

Jepang yang dapat menang atas Spanyol 2-1 dan menang atas Jerman 2-1 pada babak group, ternyata hanya dapat bermain imbang saat melawan Kroasia 1-1 lalu kalah dalam adu penalti 1-3.

Setelah wakil benua Asia tersisih, bagaimana harapan wakil benua Afrika? Benua Afrika diwakili 4 negara Maroko, Senegal, Ghana, dan Tunisia. Maroko dan Senegal yang sanggup lolos ke babak 8 besar.

Senegal dipulangkan Inggris 0-3. Hari ini tinggal satu wakil benua Afrika yang bertanding, yaitu Maroko, apakah akan sanggup lolos ke 8 besar dengan menyisihkan Spanyol? Bila gagal, maka 8 besar hanya akan berlaga wakil negara Eropa (Belanda, Inggris, Perancis, Kroasia dan mungkin Spanyol serta Portugal) dan Amerika Latin (Argentina, Brazil).

Mari terus saksikan laga Piala Dunia hingga prrtengahan Desember 2022 nanti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun