Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Siapa Dampingi Portugal dan Brazil?

2 Desember 2022   15:14 Diperbarui: 2 Desember 2022   15:18 558
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Brazil (sumber: can Indonesia.com,)


Pada laga putaran ketiga group E tan F telah memulangkan Jerman, Kosta Rica, Belgia Dan Kanada. Yang dapat lolos ke babak 16 besar adalah Spanyol, Jepang, Maroko dan Kroasia.

Secara mengejutkan, Jepang menggilas tim juara dunia Jerman dan Spanyol meski kalah dari Kosta Rica. Akibatnya Jerman yang berhasil menang atas Kosta Rica terpaksa harus pulang lebih awal. Jepang - Spanyol 2-1, Jerman - Kosta Rica 4-2.

Demikian pula dengan Belgia, hanya bermain imbang dengan Kroasia. Akibatnya harus tereliminasi bersama Kanada. Maroko - Kanada 2-1, Kroasia - Belgia 0-0.

Bagaimana dengan group terakhir G dan H?

Analisa group H

Yang sudah pasti lolos ke babak 16 besar adalah Portugal, dan pasti menjadi juara group, meski nanti kalah melawan Korea Selatan sekalipiun.

Ghana yang berpeluang paling besar, meski masih bisa ditikung oleh Korea Selatan atau Uruguay bila keduanya memenangi putaran ketiga. Sebetulnya Ghana cukup bermain imbang saat menghadapi Uruguay.

Pertarungan yang hebat justru akan terjadi antara Ghana melawan Uruguay. Ghana harus menang supaya bisa lolos, sebaliknya bila Ghana kalah dan Korea Selatan menang,Korea Selatan lebih. diuntungkan karena memiliki selisih gol lebih baik. Bila imbang Ghana lebih berpeluang karena memiliki selisih gol lebih baik.

Korea Selatan harus menang bila ingin lolos, namun dengan syarat Uguguay menang / imbang dengan Ghana  Bila Ghana menang melawan Uruguay, kemenangan Korea Selatan tidak berarti.

Demikian pula dengan Uruguay harus menang atas Ghana, dengan syarat Portugal menang / imbang dengan Korea Selatan.
 
Analisa group G

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun