Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Ini Rahasia Awet Muda

20 Oktober 2022   05:00 Diperbarui: 20 Oktober 2022   05:08 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Awet muda (sumber: alodokter.com)

Semua orang selalu senang bila disebut awet muda, apalagi bila ditunjang wajah yang tampan atau cantik, tubuh yang proportional, perut tidak maju ke depan dan tubuh tidak melebar.

Untuk dapat selalu tampil awet muda, ada rahasia yang harus kita jalankan dalam kehidupan ini, yaitu:

1. Tidur cukup

Setiap hari kita harus tidur atau beristirahat cukup. Menurut nasehat dokter, harus diupayakan selama 8 jam tiap hari. Itupun harus dalam kualitas tidur yang baik. Tidur yang benar-benar nyenyak, dan bukan sekedar tidur ayam, atau sering terbangun karena harus buang air kecil.

2. Asuplah makanan yang sehat

Makanan yang diasup hendaklah makanan sehat yang terukur. Cukup sayur dan buah, serta tidak perlu membuat komponen dalam tubuh harus memprosesnya dengan berat. Kurangi makanan yang terlalu manis dan asin, guna mencegah penyakit. Banyak minum air putih, hindari minuman dingin dan bersoda.

3. Rajin bergerak

Manusia hendaknya selalu aktif, jangan terlalu banyak berdiam diri, duduk atau rebahan. Jadi latihlah otot-otot, khususnya kaki dengan jalan kaki agar otak kita juga selalu berpikir secara positif. Berolah ragalah secara teratur dan terukur

4. Kelola stress

Manusia yang sehat harus mampu mengelola stress, istilah tepatnya stress management. Kita harus dapat mengendalikan emosi, tidak cepat marah, sehingga pikiran selalu santai dan rileks. Itulah sebabnya kita perlu rekreasi atau berlibur guna menyeimbangkan tingkat stress dalam diri kita. Stress yang tidak dapat dikelola akan menyebabkan depresi hingga sakit jiwa. Salah satu cara mengelola stress dapat dilakukan dengan melaksanakan yoga atau mefitasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun