Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mengapa Kaum Senior Sering Reuni?

15 September 2022   05:00 Diperbarui: 15 September 2022   05:02 207 17 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Reuni (sumber: hellosehat.com)

Setelah pandemi covid korbannya mulai melandai, makin banyak agenda kumpul-kumpul (gathering), istilahnya reuni. Tidak hanya antara bekas teman SMA, SMP atau kampus saja, bahkan bekas teman satu kantor Rata-rata umur mereka sudah 50 tahun keatas dan sebagian besar sudah memasuki masa pensiun. Selain bertemu dalam acara reuni di gedung pertemuan, juga berwisata bersama ataupun sekedar hanya makan pagi, makan siang atau makan malam bersama pada sebuah rumah makan atau gerai kopi.

Meski acara kumpul-kumpul ini kadang betkonotasi negatif karena pamer kekayaan, pamer kesuksesan dan pamer jabatan, namun secara ilmiah ternyata banyak faedahnya, yaitu:

1. Membuat makin bugar dan aktivitas bertambah

Dengan berkumpul kaum senior jadi banyak bergerak, tidak hanya berbaring ditempat tidur, duduk di sofa atau duduk di depan rumah. Melainkan lebih banyak bergerak, naik kendaraan umum atau berjalan dari tempat parkir ke tempat acara, serta banyak makan.
.
2. Mencegah dimensia

Berdasar penelitian banyak aktivitas dapat mengurangi 70% gejala penyakit Alzheimer.

3. Lebih sehat

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas dapat mencegah faktor penuaan hingga 10 tahun. Apalagi bila rajin berolahraga tiap pagi.

4. Hidup lebih lama

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa peningkatan hubungan emosional mampu mengurangi dampak penuaan hingga 50%  Para senior yang sering kumpul-kumpul akan tampak lebih awet muda.
Membina hubungan pertemanan mampu membuat awet muda dan mencegah penuaan.

5.  Meningkatkan kerja otak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan