Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Ke Manado, Sudah Pernah ke Likupang?

8 Januari 2022   18:37 Diperbarui: 9 Januari 2022   06:02 228
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Likupang (sumber: phinonemo.com)


Sore ini,  Koteka Talk 70 mengambil tema  "Wonderful Indonesia: Likupang, Manado". Narasumber tunggal adalah admin Koteka yang sedang dinas di Banda Aceh, Diaz Dizzman,  Acara dipandu oleh Ony Jamhari.

Menurut Dizzman yang sempat dinas ke Sulawesi Utara, tepatnya pada akhir tahun 2020 Likupang adalah salah satu yang terabaikan dari 10 destinasi yang digembar-gemborkan, padahal sangat indah bak taman Firdaus. Khususnya, keindahan bawah lautnya yang luar biasa.

Koteka sendiri menyebutkan, bahwa 10 DSP adalah Danau Toba, Tanjung Kelayang Belitung, Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung, Borobudur, Bromo, Mandalika, Labuhan Bajo, Wakatobi, dan Morotai dalam kompetisi blog untuk pembuatan buku wisata. Namun Dizzman pernah membaca PP 84/2019 yang menyebutkan 5 Destinasi Super Prioritas adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo dan Likupang. Entah mana yang benar.

Likupang terletak di kabupaten Minahasa Utara, 2 jam dari Manado, atau 30 menit bila tol Manado - Likupang sudah selesai. Likupang ini letaknya di ujung paling utara pulau Sulawesi, terletak antara bandara Sam Ratulangi dan pelabuhan Bitung.

Sat berkunjung ke Sulawesi Utara, Dizzman memberikan tips agar jangan khusus ke Likupang saja, maka buatlah agenda yang matang, misal mengeksplor kota Manado, kota bunga Tomohon, Taman Laut Nasional Bunaken, Danau Tondano, melihat pasar kuliner ekstreem dan primata di Tangkoko. Karena harga tiket pesawat Jakarta - Manado cukup mahal, jadi paling tidak harus satu minggu bila kesana.

Waktu Dizzman ke Likupang baru ada satu resort, masih sepi dan banyak pohon kelapa. Bagi Anda yang menyukai tempat wisata yang sunyi untuk merenung, pilihlah Likupang. Likupang berasal dari bahasa Sangir yang artinya tenggelam.

Terdapat beberapa jajaran pantai, seperti pantai Marinsow, pantai Pulisan. pantai Sampirang dan kawasan Ekowisata desa Bahoi.

Belum banyak kuliner yang didapati disana, hanya didapati mie dengan seafood, pisang epek, klaapertaart, dan ikan tuna.

Likupang adalah tempat wisata orang lokal yang sering datang wisata pada akhir pekan. Jarang ada wisatawan nusantara apalagi wisatawan asing. Berwisata ke Likupang sangat murah, karena tidak perlu sewa kapal seperti kalau ke Bunaken.
 
Dizzman juga mengakui belum terlalu banyak mengekspkorasi Likupang, dan pada Koteka Talk sempat diputar video tentang Likupang dari Kemenparekraf. Menurut pengakuan Dizzman saat berkunjung ke Likupang,  suasana seperti Gunung Kidul di Yogyakarta.

Di Manado, Anda bisa menggenapi 3B atau  4B (bubur Manado / tinutuan, Bunaken, dan  Boulevard) serta bagi para pria lajang boleh melamar gadis Manado yang terkenal cantik, yang lalu diasosiasikan dengan Bibir Manado.

Bila Anda ingin snorkeling atau diving sebaiknya datang pada bulan Juli-Agustus, saat laut tenang.
 
Tertarik mengunjungi Likupang? Ayo siapkan tiket pesawat dan sertifikat diving.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun