Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Mengenal Lebih Dekat Kompasianer of The Year 2021

27 Desember 2021   06:22 Diperbarui: 27 Desember 2021   19:25 279 11 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bila anda Kompasianer aktif, tentu tahu siapa Kompasianer of The Year 2021. Dinobatkan saat Kompasianival 2021, Dewi Puspasari terpilih menjadi Kompasianer of The Year 2021.

Pada kaleidoskop 2021, Dewi menduduki peringkat 87. Dewi yang sudah bergabung dengan Kompasiana sejak 2010 ternyata baru menulis aktif sejak 2013 telah menghasilkan 295 tulisan selamaJanuari-November 2021.

Tulisannya beragam, namun dia paling konsisten dengan tema teknologi, kuliner, wisata, film dan tentang dunia perkucingan. Selain aktif di Kompasiana, Dewi juga memiliki 3 blog pribadi. Yang satu temanya campur-campur. Lainnya khusus makanan dan buku. Yaitu: dewipuspasari.net, pustakakulinerku.com dan keblingerbuku.com.

Kesenangannya menulis tentang TI terkait latar belakangnya sebagai lulusan teknik informatika di ITS Surabaya.  Dewi yang dikenal oleh Kompasianer dengan singkatan depus, juga senang akan berwisata dan kuliner, itulah sebabnya tema tulisannya tidak jauh-jauh dari minatnya ini.

Secara spesifik, Dewi juga menyukai film terutama animasi dan fantasi, jadi sangat tepat bila Dewi saat ini menjadi admin komunitas penggemar film di Kompasiana. Berkat tangan dinginnya, dengan bantuan tim admin KOMiK lainnya, tahun 2020 KOMIK menjadi The Best Community dan sejak 2017-2019 menjadi komunitas teraktif di Kompasiana. Tentunya ini berkat kreasinya mengembangkan kegiatan komunitas, tidak hanya nobar dan menulis tentang film di bioskop, tapi juga menonton film di kedutaan, layar tancap, menonton virtual dan diskusi tentang film dengan sutradara filmnya, menerbitkan KOMagz, membuat liga khusus film (Liga KOMiK) dan membuat buku tentang film.

Dewi nampak sederhana dan rendah hati  Dewi cukup akrab dengan penulis, karena kita sering saling bantu. Saat KPK, komunitas penggila kuliner akan menerbitkan buku kuliner, Dewi yang membantu lay out dan menyuntingnya.

Penulispun membantu KOMiK saat akan menerbitkan buku naskah film pendek dan buku film perjuangan dengan melakukan penyuntingan. Saat ini kedua buku sudah masuk ke percetakan.

Saat ini KOMiK masih dalam taraf menyelesaikan satu buku lagi yang mungkin baru hadir tahun depan.

Dewi lahir dan tumbuh di Malang,  seorang penyayang satwa berbulu, yaitu kucing. Dari kecil sudah mempunyai kucing. Kucing yang dulu sekali namanya T-Bob warna oranye (coklat kekuningan). Lalu muncul kucing-kucing lainnya, ada Coreng, Upik, Cemplang, Imut, Tung-tung, Dandong, dan Bonbon.

Kucing (sumber: Dewi)
Kucing (sumber: Dewi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan