Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Mengenal Bakery Jadul di Jabodetabek

26 Oktober 2021   23:02 Diperbarui: 27 Oktober 2021   10:17 111 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lauw (sumber: goodnewsfromindonesia.id)

Roti dan kue dikenal sebagai kuliner asal Eropa, meski karena perkembangan zaman mulai banyak kue-kue hasil transformasi dari Jepang dan Korea.

Kalau Anda penggemar roti dan kue sejati, pasti penasaran dan mencari roti dan kue asli. Karena cikal bakal roti dan kue ini dari Eropa, maka sudah selayaknya Anda mencari toko roti atau bakery Jadul yang masih bertahan hingga hari ini. 

Toko roti ini tentunya sudah berdiri sejak era penjajahan Belanda, dan terus bertahan melawan modernisasi toko roti masa kini. Tercatat sekitar 5 (lima) toko roti Jadul yang masih sanggup bertahan hingga hari ini di Jabodetabek,meski ada juga di Bandung, Semarang., Surabaya dan Malang.

Nah, ke 5 toko roti jadul yang masih bertahan dan masih dapat dikunjungi hingga hari ini adalah:

1. Maison Weiner Bakery

Namanya juga masih menggunakan logat Eropa, berdiri sekitar tahun 1936 di kawasan Senen, Jakarta Pusat atau tepatnya di Jl Kramat 2 Kwitang. Usianya sudah mendekati satu abad dan entah sudah berapa generasi yang mengelolanya. Pada era penjajahan Belanda merupakan toko roti idaman orang Belanda di Batavia. Pada era penjajahan Jepang, juga menjadi langganan para petinggi militer Jepang. 

Toko roti ini masih sanggup bertahan dengan jenis roti jadul seperti Oentbitjkoek, Sosisbroed, Sourdough,  Roemhoren dan lain-lain, yang masih menggunakan nama Belanda. justru pada saat orang banyak mencari roti sehat, Weiner tampil mengemuka, karena sejak dulu selalu membuat roti tanpa bahan pengawet. Risikonya roti-roti Weiner harus langsung dikonsumsi alias tidak tahan lama.

Meski tokonya tidak terlalu besar, produk Maison Weiner bisa dinikmati ditempat, atau dipesan untuk dibawa pulang.

2. Sakura Anpan

Termasuk salah satu toko roti termuda, karena baru berdiri pada era kemerdekaan, tepatnya tahun 1978. Ciri khas awalnya memiliki baker terbaik asal Singapura dan Jepang, meski kini sudah mempekerjakan baker lokal. Dikenal sebagai toko roti penyuplai kantoran untuk snack saat rapat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan