Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Mengenal Hutspot, Kuliner Rumahan Belanda

8 Agustus 2021   07:00 Diperbarui: 8 Agustus 2021   07:03 237 9 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Hutspot, hochepot, atau hotchpotch, adalah sebuah sajian ala rumahan asal Belanda. Sudah banyak rumah makan Belanda, saya kunjungi namun belum ketemu makanan ini tertera di menu.

Pada rumah makan Belanda, pada umumnyz menawarkan makanan pembuka berupa huzarensla atau salad  Belanda, kudapan ringan seperti poppertjes, ontbijtkoek, kroket dan risoles, atau sup tomat dan sup kacang merah (breinebon). 

Makanan utama galantine atau bistik lidah (rondertongvsteik). Dan ice cream, kastengel, taarten (kue tart), kue dadar gulung (omelette roll dan klapertaart sebagai makanan penutup atau dessert.

Menurut penjelasan salah seorang teman yang memilki rumah makan Belandz (dutch cuisine), makanan ini sulit ditemukan di rumah makan karena tergolong makanan rumahan. 

Hutspot adalah sajian berupa daging yang dipotong kotak, dan bersama kentang tumbuk (mashed potato), wortel, buncis dan bawang bombay yang telah dihaluskan, direbus dan diracik dengan bumbu tradisional Belanda  dan disajikan setelah dituangi susu, dan sering disebut sup susu ala Belanda. Sajian ini lazim disajikan bersama jenever atau bir.

Pada era penjajahan Belanda, hutspot lazim disajikan bersama nasai goreng merah buah naga.
Nasi goreng mewakili makanan khas Indonesia, sedangkan hutspot mempresentasikan makanan Belanda. Bagi mereka yang masih memiliki nenek yang saat muda hidup pada era penjajahan, pasti ingat dengan kuliner ini. Sebuah kuliner yang cukuo lezat dan banyak digemari.

Di negeri Belanda sendiri, ibu-ibu rumah tangga sering menghidangkan hutspot bila menjamu tamu  makan di rumahnya. Karema mudah dan cepat disiapkan.

Bagi Anda yang ingin mencobanya saat sedang WFH atau pada akhir pekan, bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah kentang, wortel, buncis, kubis / kol, jamur kuping, jamur portabela, bawang bombay, corned beef, mentega, air, garam, gula, penyedap masakan, merica, pala dan susu.
Cara membuatnya, mula-mula kupas wortel dan cincang. Bawang bombay diiris-iris dan dimasak bersama mentega. Bumbui dengan merica, garam, pala dan bayleaf. Kemudian rebuslah kentang dan tumbuklah hingga menjadi kentang tumbuk (mashed potato).

Hutspot (dokpri)
Hutspot (dokpri)

Ambil bayleaf, dan kentang, wortel, buncis dan lain-lain dilumatkan bersama. Saat akan disajikan, disiram dengan susu, tambahkan potongan daging dari corned beed yang telah dipotong kotak, sosis atau bakso.

Kuliner khas Belanda ini bisa menjadi alternatif pilihan guna mengusir rasa jenuh akibat terlalu banyak di rumah. Selamat berkreasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan