Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kiat Mencuci Pakaian agar Awet

3 Juni 2021   04:17 Diperbarui: 3 Juni 2021   04:32 98 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kiat Mencuci Pakaian agar Awet
Merawat pakaian (sumber: katamedia.co)

Pakaian adalah salah satu pos dalam pengeluaran bulanan, baik bagi para pekerja maupun mahasiswa atau pelajar. Bagi yang hobi membeli pakaian mahal, bahkan sampai bela-belain mencuci sendiri, karena kurang percaya dengan pekerjaan yang akan dilakukan oleh laundry. Sedangkan mereka yang membeli pakaian standar, lazimnya lebih santai, mau cuci sendiri ok, mau dicuci assisten rumah tangga di rumah atau tempat kost, atau mau dibawa ke Laundry juga tidak masalah. Kalau sampai rusak atau kelunturan, tinggal dibuang toh harga tidak mahal-mahal amat.

Bagi Anda yang ingin mencuci pakaian sendiri, berikut ini ada kiat-kiat agar pakaian Anda lebih awet.

- Sebelum mencuci, bacalah petunjuk cara mencuci untuk pakaian dengan bahan khusus.

- Sebaiknya pakaian jangan terlalu sering dicuci, bila pakaian masih bersih, cukup diangun-anginkan dengan cara di gantung, supaya bau tidak sedap dapat hilang. Namun pada era pandemi ini, bila Anda tidak bertemu dengan orang lain, pakaian tidak harus dicuci. Tetapi bila bertemu orang, demi keamanan keluarga Anda, sebaiknya harus segera dicuci.

- Pada saat mencuci pakaian, sebaiknya gunakan air dingin.

- Guna mencegah kerusakan bahan atau kelunturan, sebaiknya pisahkan jenis bahan Dan pakaian berwarna pada saat akan mencuci.

- Pilihlah detergent dan pewangi yang tepat.

- Bila menggunakan mesin cuci, sebaiknya singkirkan pakaian dengan bahan lembut. Juga bila mencuci dengan mesin cuci, jangan terlalu penuh. Lebih baik mencuci dua kali daripada membuat mesin cuci penuh karena hasil cuci tidak akan maksimal.

- Sebaiknya pakaian dijemur secara alami, jangan menggunakan fasilitas pengeringn pada mesin cuci. Pada pakaian berwarna agar warnanya tetap cerah, sebaiknya saat menjemur dalam posisi terbalik.

- Gunakan setrika seperlunya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN