Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ingat, Ramadan Tahun Ini Masih Masa Pandemi

14 April 2021   04:16 Diperbarui: 14 April 2021   04:19 173 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ingat, Ramadan Tahun Ini Masih Masa Pandemi
Ramadan Di Rumah Saja (sumber: suarapemredkalbar.com)

Hore hari ini kita sudah memasuki bulan Ramadan. Memang kita semua wajib menyambut dengan gembira datangnya bulan Ramadan yang penuh rahmat. Bahkan mulai dua hari yang lalu shalat tarawih sudah dimulai meski dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Kenapa harus menerapkan protokol kesehatan ketat? Ingat, saudara-saudara negara kita masih dalam masa pandemi.  Harus selalu kita ingat bahwa tiap hari masih bermunculan korban terpapar Covid-19 yang saling salip antara provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Jawa Tengah. Kemarin puasa hari pertamapun sudah kita lalui bersama.

Meski kita patut bersyukur bahwa korban yang terpapar Covid-19 tiga bulan terakhir ini terdapat kecenderungan menurun bila dibandingkan korban terpapar Covid pada perioda Desember 2020 - Januari 2021. Namun kita harus tetap waspada agar pada bulan Ramadan dan Lebaran nanti jangan terjadi lonjakan baru. Itulah sebabnya Pemerintah kembali menerapkan larangan mudik Lebaran seperti tahun lalu.

Hanya saja larangan mudik Lebaran tahun ini diumumkan terlalu dini, sehingga terjadi situasi kucing-kucingan antara Pemerintah dan peminat mudik yang nekad. Banyak pemudik yang memanfaatkan celah kelemahan peraturan larangan mudik Lebaran dari Pemerintah dengan cara mudik sebelum Ramadan dan pulang sebelum larangan dimulai.

Perlu diingat bahwa yang Anda kunjungi adalah orang tua dan sanak keluarga yang rata-rata tergolong manusia lanjut usia (manula) yang paling rentan terpapar Covid-19. Bila Anda tergolong OTG (Orang Tanpa Gejala) karena Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, tentu Anda seolah merasa sehat-sehat saja. Dan hal ini akan sangat berbahaya bagi orang tua dan sanak saudara yang ada di tempat yang dikunjungi. Karena orang tua bila organ tubuhnya sudah lemah ditambah lagi bila mengidap penyakit yang tergolong komorbid (diabetes, hipertensi, paru-paru, jantung, dan lain-lain) akan berakibat fatal bila terpapar Covid-19. Jadi, sebaiknya sebelum mudik dini Anda harus memikirkan hal ini. Tentunya demi kebaikan semua pihak, karena hingga saat ini  belum terbentuk herd community di Indonesia.

Ramadan Sebaiknya Di Rumah Saja

Selain shalat tarawih di rumah saja, juga sebaiknya selama berpuasa dari saat makan sahur, pagi dan siang hari hingga saat ngabuburit serta buka puasa sebaiknya masih dilakukan di rumah saja. Walau tahun ini saat Ramadan tidak dilakukan aturan ketat PSBB seperti tahun lalu.

Belanja kebutuhan selama Ramadan harap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, agar persiapan makan sahur dan buka puasa dapat dilakukan di rumah. Lupakan dulu acara buka puasa bersama di mall atau di rumah makan. Bila ingin mengadakan acara buka bersama dengan panti wreda atau panti asuhan sebaiknya sudah dikemas dalam kemasan kotak dan dibagikan dengan memperhatikan jaga jarak agar tidak terjadi kerumunan.

Selama berpuasa dan menunggu saat berbuka puasa hendaknya tetap di rumah saja seperti tahun lalu. Yang paling perlu diwaspadai godaan dari teman untuk ngabuburit di luar rumah. Selama di dalam rumah, Anda dapat menjalankan  ritual keagamaan seperti sholat, membaca kitab suci dan buku-buku religi, mendengarkan musik religi maupun nonton film religi agar selama bulan Ramadan, Anda dan keluarga lebih dekat pada Tuhan. 

Saat ngabuburit bisa menyiapkan makanan buka puasa bersama agar terbentuk quality time di dalam keluarga. Hal ini dapat dilakukan bagi Anda yang masih diberi kesempatan Work From Home oleh tempat kerjanya. Bagi Anda yang sudah Work From Office, saat pulang kerja sebaiknya segera pulang ke rumah dan bersama keluarga menyiapkan makanan untuk berbuka puasa. Meski di dalam rumah saja, semoga bulan Ramadan dapat Anda lalui dengan khusyuk.

VIDEO PILIHAN