Dalam kondisi krisis perekonomian yang dapat mengkatrol perekonomian adakah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) bukan produsen besar yang memasarkan produk bermerek (branded product). Karena produk UMKM lazimnya harganya terjangkau sehingga dalam situasi krisis orang masih mampu membelinya.
Memang untuk memiliki diferensiasi produk UMKM juga selayaknya menggunakan merek. Merek sangat diperlukan saat ingin berpromosi.
Karena Promosi adalah salah satu dari 4P yang penting pada teori pemasaran. P lainnya adalah Product, Price (Harga) dan Place (Dijual pada tempat yang tepat).
Agar UMKM dapat maju ada 5 jurus yang patut dimiliki oleh para pengusaha UMKM. Kelima jurus ini adalah:
1. Kreatifitas
   Seorang pengusaha UMKM harus memiliki kreatifitas yang tinggi agar produknya mampu memiliki daya saing. Produknya harus unik agar mampu menarik pelanggan untuk berminat membelinya.
   Bila seorang pengusaha UMKM ingin produknya selalu dicari pelanggannya, dia harus kreatif menciptakan produk-produk baru unggulan.
  Misal pengusaha UMKM ini pada awalnya hanya menjual kopi hitam, dia harus menambah variasi produknya misal dengan kopi susu agar pelanggan mau mencoba produk barunya.
2. Promosi
  Pengusaha UMKM harus sanggup mempromosikan produknya khususnya melalui daring agar tokonya buka 7x24 jam. Promosi tidak selalu harus berupa diskon atau potongan harga tetapi bisa juga dengan membeli minimum berapa unit atau Rupiah mendapat hadiah produk tertentu.Â