Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Menikmati Rasa Sambil Menikmati Pemandangan di Ketinggian

12 Juni 2018   16:54 Diperbarui: 13 Juni 2018   07:23 674 2 1
Menikmati Rasa Sambil Menikmati Pemandangan di Ketinggian
360 degree Cafe (dokpri)

Masih mengenai Macau Tower, kalau Anda tergolong orang yang takut dengan ketinggian, tentu tantangan yang ditawarkan oleh Macau Tower tidak mampu Anda tanggapi. Lupakan saja, permainan Bungy Jump, Sky Jump, Sky Walk maupun Tower Climb. Namun Anda tetap dapat menikmati ketinggian Macau Tower melalui lantai 60, yakni di 360 derajat Cafe.

Cafe ini didisain seperti lazim nya restoran berputar (revolving restaurant), memiliki dua poros yang berputar, putaran luar dan putaran dalam, yakni pada kaca di bagian luar dan pada bagian penempatan makanan. Putarannya tidak terlalu kencang, sehingga Anda kalau tidak menatap serius, tidak akan merasakan, tahu-tahu pemandangan di luar sudah bergeser. 

Kalau semula Anda menikmati pemandangan Grand Lisboa, tahu-tahu sudah berganti menjadi jembatan Macau-Taipa dan seterusnya. Atau penempatan makanan tiba-tiba sudah berubah, kalau semula di dekat meja Anda adalah meja berisikan salad, tiba-tiba sudah bergeser ke dessert. Sebenarnya di Jakarta sudah pernah ada restoran berputar di daerah Kuningan, namun sepertinya sekarang sudah tutup.

Karena tempat terbatas, sebaiknya Anda melakukan reservasi terlebih dulu, apalagi bila ingin mendapatkan meja yang dipinggir jendela kaca, karena banyak peserta tour yang sudah melakukan pembukuan jauh hari, sehingga sangat sulit untuk mendapatkan tempat yang strategis, kecuali Anda sedang beruntung. Penempatan meja ada dua bagian, yakni pada tepi jendela kaca dan disebelahnya dengan ketinggian 10 cm lebih tinggi agar pengunjung masih dapat menikmati pemandangan dengan leluasa.

Ada tiga menu yang ditawarkan oleh 360 derajat Cafe, yakni International Lunch Buffet, High Tea Set dan International Dinner Buffet. Untuk International Lunch Buffet dilangsungkan dua periode, yakni 11.30-13.00 dan 13.30-15.00, dengan beaya MOP 278 untuk dewasa dan MOP 228 untuk anak-anak.  High Tea Set, dilangsungkan pada jam 15.30-17.00 dengan beaya MOP 198 untuk dewasa dan MOP 148 untuk anak-anak (6-11 tahun).

International Dinner Buffet harga dipatok MOP 500 untuk dewasa dan MOP 400 untuk anak-anak, namun masih mendapatkan complimentary seafood platter.

Lunch Lengkap

Karena kebetulan belum sarapan pagi, dan ingin brunch, maka saya mengambil paket International Lunch Buffet. Untungnya, pembayaran dengan menggunakan kartu kredit Visa, malahan mendapatkan diskon pada hari ini.

Menunya sangat lengkap dari mulai makanan pembuka (appetizer), makanan utama hingga makanan penutup (dessert) melimpah ruah.  Makanan pembuka diisi dengan aneka macam salad sayur dan buah, dan aneka sup, beserta roti pendampingnya. Makanan utama, mulai dari bubur,  dim sum, sushi, nasi putih, nasi goreng, sayuran, mie goreng, mie kuah, kari, daging ayam, kambing dan babi. Dari segi rasa, ya biasa saja, seperti khasnya masakan hotel. Makanan penutup melimpah ruah, dari aneka kue manis, pudding, buah potong, jelly, hingga es campur.

Lunch Buffet (dokpri)
Lunch Buffet (dokpri)
Macau Congee (dokpri)
Macau Congee (dokpri)
Minuman juga melimpah ruah, meski pada saat datang, sudah langsung disuguhi air minum berupa air putih dingin, tersedia orange juice, minuman kaleng berupa softdrink, lemon tea dan apple juice. Tentunya juga tersedia kopi dari black coffee hingga kopi susu yang dibuat dengan mesin kopi . Yang saya lihat tidak tersedia hanya ice cream.

Pengunjung dipersilakan mengambil makanan dan minuman semampu mereka, asalkan tidak boleh dibawa pulang. Bagi pengunjung yang ketahuan atau tertangkap tangan membawa pulang makanan dan minuman akan dikenakan denda.

Diatas adalah pengalaman bersantap makan di ketinggian, tepatnya di lantai 60 Macau Tower, sayangnya menunya International Lunch Buffet, bagi saya lebih afdol kalau menunya street food, jauh lebih nendang .... (dasar backpacker sih ... ).

(Macau, June 11, 2018)