Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Ada Tangkiwood, "Hollywood" Milik Kota Jakarta

5 Februari 2018   10:12 Diperbarui: 5 Februari 2018   21:08 0 0 0 Mohon Tunggu...
Ada Tangkiwood, "Hollywood" Milik Kota Jakarta
Sate Ular Kobra (Sumber: Jakarta Food Traveler)

Kawasan Mangga Besar dulu memiliki sejarah yang menarik bagi dunia kreatif Indonesia, khususnya seni panggung dan film. Adalah jalan Tangki yang banyak dihuni oleh para artis besar era itu, seperti almarhum Bing Slamet, almarhumah Laela Sari dan lain-lain. Itulah sebabnya kawasan itu kemudian dikenal sebagai Tangkiwood, alias Hollywood-nya Indonesia, khususnya kota jakarta.

Bersama Jakarta Food Traveler, saya menyusuri kawasan Tangkiwood sambil berburu kuliner. Perjalanan kami awali dari Kong Djie Kopi, kopi legendaris asal Belitung. Menyeruput enaknya kopi Kong Djie, lalu mengunjungi Vihara Avalokitesvara.

Kami  melangkahkan kaki ke kawasan Lokasari yang di masa silam terkenal sebagai Taman Hiburan Rakyat Princen Park, tempat para artis mempertunjukkan kepiawaiannya. Juga mengunjungi bekas tempat tinggal artis atau kampung artis tempo dulu di jalan Tangki. Salah satu rumah yang kami sambangi adalah rumah artis tiga zaman, almarhumah Laela Sari.

Setelah mampir sejenak di klenteng kecil Thio Kong Bio, kami menjumpai deretan kuliner ekstreem, salah satunya yang kami cicipi adalah sate ular kobra. Menyaksikan prosesnya, dari mulai memilih ular, memotong kepalanya, menguliti hingga membakar dagingnya. 

Sate ular kobra disajikan bersama kecap manis. Konon sate ular kobra dapat meningkatkan vitalitas kaum pria. Anda percaya? Silakan dibuktikan asal dengan pasangan resmi ya. 

Bagi Anda yang memiliki penyakit kulit dapat membeli salep ular, biawak atau bulus yang konon berkhasiat memperhalus kulit. Lalu mencicipi durian Medan yang terkenal legit dan dijajakan di kaki lima sepanjang tahun di pinggir jalan Mangga Besar.

Perjalanan kami akhiri dengan menyantap kweetiaw sapi Vietnam paling enak di Jakarta di rumah makan Pho Saigon.

Para artis jaman dulu sudah berpulang, kini kawasan Tangkiwood sudah sepi dari gemerlapnya artis. Mirisnya kawasan Mangga Besar kini terkenal sebagai surga dunia pria hidung belang yang mencari kepuasan sesaat dari para perempuan penjaja cinta. Baik berupa spa plus plus, bar, klub malam maupun hotel short time.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x