Mohon tunggu...
Susi Mahrum
Susi Mahrum Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa

Nama : Susi Mahrum Prodi : Ekonomi S1 Fakultas : Ekonomi Dan Sosial Kampus : Universitas Amikom Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Wisata Alam Sarai Berunyau di Kalimantan Barat Kabupaten Kapuas Hulu

12 Januari 2022   16:52 Diperbarui: 12 Januari 2022   16:55 379 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pariwisata merupakan salah  satu hal yang penting bagi suatu daerah yang memiliki potensi daya tarik iwisata. Pengembangan objek wisata bertujuan untuk menarik wisatawan, mendorong  pertumbuhan ekonomi, sumber  pendapatan masyarakat, membuka lapangan kerja bagi masyarakat, serta sebagai media promosi suatu daerah terhadap objek wisata yang dimiliki..

Desa Riam Piyang  berada diwilayah Kecamatan Bunut Hulu dengan luas desa 13.519 Ha. Desa ini memiliki berbagai potensi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi salah satunya adalah wisata alam sarai berunyau  (air terjun).

Objek wisata sarai berunyau berada di derah Kabupaten Kapuas Hulu, khususnya di Desa Riam Piyang kecamatan Bunut Hulu. Selain itu, Objek wisata sarai berunyau dapat ditempuh melalui jalan darat dari putussibau ke desa Riam Piyang dengan waktuk tempuh 1-2 jam. Dari desa Riam Piyang menuju lokasi objek wisata diperkiraan waktu tempuh 30 menit bisa melalui jalur darat maupun sungai.

Objek wisata sarai berunyau adalah salah satu kebanggan masyarakat Desa Riam Piyang yang mana dikembangkan oleh kelompok pengelola pariwisata (BUMDES/KPP). Objek wisata sarai berunyau menyajikan keindahan air terjun bertingkat, hutan rimbun, serta tempat untuk melakukan berbagai aktivitas  wisata seperti berkemah, menyusuri hutan, menyusuri sungai, rekreasi, dan lain-lain.

Selain sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas wisata alam, objek wisata ini juga menjadi tempat untuk melaksanakan acara hiburan rakyat pada waktu-waktu tertentu. Pada moment  ini pengujung juga dapat menyaksikan hiburan berupa musik atau band yang diselenggarakan pihak pariwisata serta pengunjung juga dapat menikmati aneka makanan  dan kue khas yang dijual masyarakat setempat disekitar lokasi lokasi.

Kabupaten Kapuas Hulu merupakan salah satu wilayah di Kalimantan Barat yang memiliki kekayaan alam flora dan fauna serta serta memiliki potensi keindahan alam yang masih alami yang dapat dikembangkan  secara maksimal yang bertujuan terciptanya kesejahteraan masyarakat sehingga tetap tercapai keseimbangan antara pemanfaatan dan perlindungan terhadap keindahan alam tersebut. Salah satunya adalah objek wisata sarai berunyau yang terdapat di Kabupaten Kapuas Hulu Kecamatan Bunut Hulu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan