Mohon tunggu...
Surya Subastian
Surya Subastian Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Photographer

Hobi saya sejak dahulu menyukai di bidang photogaphy, lalu sekarang menjadi Photographer Wedding.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini dan Membangun Personal Branding

30 Oktober 2023   23:36 Diperbarui: 30 Oktober 2023   23:41 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

"Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, asal kita berusaha dan berdoa kepada Allah SWT pasti akan di berikanlah jalannya" Ini lah motto hidup saya, berawal mula dari ragu-ragu hingga sekarang terbiasa menjadi wirausaha
Wirausaha memiliki arti, kata "Wira" yang berarti Berani, sedangkan kata "Usaha" berarti bekerja atau berbuat sesuatu.

Seorang wirausaha mempunyai resiko yang besar bisa menjadi untung maupun bisa menjadi rugi, namun saya memiliki tekad yang kuat untuk mencoba dan berusaha mengambil keputusan untuk menjadi wirausaha muda yang sukses, Saya terlahir dari kedua orang tua sederhana yang mempunyai tekad tinggi menjadi wirausaha, Saya sejak duduk di sekolah dasar suka sekali dengan berwirausaha, dimulai dari menjual makanan ringan seperti sosis, snack, permen DLL. Sejak duduk di bangku SMP saya berjualan susu kedelai yang di produksi oleh saudara saya, di kirim ke warung-warung yang ada di desa.
Berwirausaha sejak dini atas kemauan sendiri, kedua orang tua saya selalu mendukung apa yang saya lakukan selagi itu kegiatan yang positif.

Waktu pandemi Covid 19 melanda di Indonesia banyak pekerja yang di rumahkan maupun di PHK dan sekolah di liburkan, namun saya saat duduk di bangku SMK berinisiatif untuk menjual lagi minuman sehat yaitu Susu Kedelai di kirim ke warung-warung tiap 4 hari sekali, setiap warung ada plus minusnya, mulai dari Penjaganya ramah produknya laku setiap hari, penjaga warung yang galak suka nawar, penjaga warung komplain tentang produknya cepat Expired setelah di cek kulkas nya rusak tidak stabil suhunya, waktu musim penghujan tiba, saya pernah nombok setoran nya karena 1 Minggu produknya banyak yang tidak laku lalu saya mengurangi pengiriman nya, selain menjual susu kedelai, saya mencoba Jual beli helm bekas di Forum Facebook, bisnis ini sangat menguntungkan dan menyenangkan bisa mencoba helm-helm mahal bertemu orang baru bisa menambah relasi, saya ditawari penjual grosiran Kaca helm untuk menjadi sellernya, awalnya ragu untuk menjualnya takut tidak laku tetapi saya beranikan diri untuk mengeluarkan modal yang besar, Alhamdulillah produk yang dijual saya laku di sukai banyak konsumen, lama-kelamaan penjualan Helm di forum Facebook sudah tidak sehat lagi karena persaingan harga yang ketat, lalu saya menghabiskan stok yang ada dan berpikir ingin beralih ke bisnis yang lain.

Dari dulu saya menyukai photography contohnya memfoto bus yang lewat, bunga-bunga, pemandangan DLL. Saya membeli kamera DSLR lalu mencoba buka jasa foto hunting di sekitar Karawang, pelanggan pertama yaitu teman saya sendiri lalu bertambah banyak dan bertemu orang baru lagi, Saya dan teman saya menerima Job Wedding pertama kali, karena ini moment yang sakral seumur hidup sekali awalnya ragu untuk menerimanya tetapi saya beranikan diri untuk menerima tawaran job wedding tersebut lalu menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan, Pelanggan suka dengan hasilnya dan puas. Lama-kelamaan saya menambah relasi teman-teman yang 1 profesi menjadi partner bisnis saya sampai sekarang.

Sampai saat ini sudah hampir 4 tahun membuka jasa foto Wedding, Prewedding, Engagement, Wisuda DLL. Saya sekarang mempunyai personal branding menjadi Photograper.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun