Mohon tunggu...
Dr H Suripto Broto Sejatie
Dr H Suripto Broto Sejatie Mohon Tunggu... Dosen - -

Sebaik-baiknya Manusia adalah orang yang dapat bermanfaat untuk Orang Lain

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Forum RT-RW Kelurahan Sudimara Jaya, Ciledug Mengadakan Silaturahmi

6 Desember 2022   11:17 Diperbarui: 6 Desember 2022   11:41 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
H. Samlani, H. Edy Waryanto, Firmansyah, SE, Dr. H. Suripto, Soelarso, SP, H. Bunyamin, SE, H. Suharto, Musfofa Kamal, SIP (Dok. pribadi)

Sesuai dengan Peraturan Walikota Tangerang No 24 tahun 2016, Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) adalah lembaga kemasyarakatan yang berkedukan di kelurahan, diakui dan menjadi Mitra Kerja kelurahan dalam pemberdayaan masyarakat. Dikelurahan Sudimara Jaya, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang terdapat 12 Rukun Warga (RW) dan 56 Rukun Tetangga (RT). Agar Fungsi Lembaga RT dan RW dapat Menjadi Mitra Kerja Kelurahan Sudimara Jaya dalam hal pemberdayaan Masyarakat dan Pemmbangunan, maka dibentuklah FORUM RT-RW Kelurahan Sudimara Jaya. Dalam pemilihan Ketua FORUM RT-RW Kelurahan Sudimara Jaya Periode 2022-2025 yang dilaksanakan di Sukabumi Bulan Juli 2022 yang lalu, maka terpilih Dr. H. Suripto, S.E., M.Ak., CSRS sebagai ketua Forum. Suripto, selain menjadi Ketua RW 10 juga menjadi Dosen Pasca Sarjana disebuah perguruan tinggi swasta di Kota Tangerang Selatan.

Setelah Terpilih menjadi Ketua FORUM RT-RW Kelurahan Sudimara Jaya, Ciledug Kota Tangerang, Suripto melakukakan berbagai terobosan antara lain Menyusun Struktur Kepengurusan FORUM RT-RW, membuat VISI, MISI  dan STRATEGI TATA KERJA. Menurut Suripto, Agar FORUM RT-RW dapat Menjadi wadah para pengurus RT-RW sekaligus menjadi garda terdepan pelayanan masyarakat di Kelurahan Sudimara Jaya, maka struktur disusun dengan melibatkan semua Ketua RW, sehingga maju dan mundurnya FORUM RT-RW menjadi tanggung jawab bersama bagi semua Ketua RW dan tidak hanya menjadi tanggung jawab Suripto sendiri. Selain itu, Suripto yang mengampu mata kuliah Strategic Management Accounting berpendapat bahwa sebuah Organisasi harus mempunyai Visi, Misi serta tujuan yang jelas agar dapat berjalan sesuai harapan serta kehadirannya memberi manfaat yang nyata bagi Masyarakat. Untuk mensosialisasikan VISI, MISI STRATEGI TATA KERJA  serta Program kerja FORUM RT-RW, maka pada hari Minggu, 4 Desember 2022 diadakan Pertemuan Silaturahmi Ketua RW sekelurahan Sudimara Jaya. Pertemuan tersebut diadakan di KATANYA COFFE, Ruko Perumahan Ubud Vilage, Ciledug. Acara silaturahmi ini di sponsori oleh Soelarso, SP sebagai Wakil Ketua FORUM RT-RW Sekaligus Ketua RW 11 Sudimara Jaya.

Suasana Diskusi yang hangat dan Penuh Keakraban (Dok. pribadi)
Suasana Diskusi yang hangat dan Penuh Keakraban (Dok. pribadi)

Hadir pada acara tersebut antara lain Firmansyah, S.E  (Lurah Sudimara Jaya), Mustofa Kamal, SIP (Sekretaris Kelurahan Sudimara Jaya) dan seluruh Ketua RW di Kelurahan Sudimara Jaya. Acara Silaturahmi ini dimoderatori oleh Oscar Febrian, S.Kom (Ketua RW 07), sehingga dapat berjalan dengan lancar dan penuh dengan keakraban. Menurut beberapa tokoh senior yang hadir diantaranya H. Samlani (Ketua RW 03),  H. Abdul Rojak (Ketua RW 01), H. Bunyamin, S.E (Ketua RW 02), H. Edy Waryanto (Ketua RW 05) mengatakan Bahwa pertemuan ini sangat istimewa karena diadakan di tempat yang istimewa dan representatuf yaitu di Coffe dengan nuansa santai dan penuh dan persahabatan. Hal senada disampaikan H. Suharto (Ketua RW 8) biasanya pertemuan FORUM RT-RW diadakan di kediamannya. Soelarso, SP sebagai Wakil Ketua FORUM RT-RW sekaligus Ketua RW 11 menyampaikan berbagai kemajuan dan perkembangan di wilayah RW 11. Selain itu Soelarso juga dengan senang hati dapat menyediakan tempat untuk kegiatan forum ini.

Sementara itu Firmansyah, S.E selaku Lurah Sudimara Jaya mengapresiasi pertemuan dan silaturahmi ini sekaligus berpesan agar Keberadaan FORUM RT-RW ini dapat berjalan dan memberi manfaat nyata bagi masyarakat di Kelurahan Sudimara Jaya. Dalam kesempatan yang sama, Mustofa Kamal, S.IP, Sekretaris Kelurahan Sudimara Jaya dalam hal ini juga mewanti-wanti bahwa sebentar lagi kita akan memasuki tahun politik, sehingga FORUM RT-RW agar tidak dijadikan sebagai ajang politik, karena dikhawatirkan akan terjadi perpecahan jika terjadi perbedaan pilihan dan pandangan politik.

Sebelum acara ditutup, Suripto selaku Ketua FORUM menyampaikan kesimpulan acara silatuhami antara lain:

  • Penetapan Pengurus FORUM RT-RW Kelurahan Sudimara Jaya periode 2022-2025
  • Diadakan acara silaturahmi rutin per 3 bulan yang wajib dihadiri oleh seluruh Ketua RT dan Ketua RW diwilayah Sudimara Jaya. Pertemuan pertama akan diadakan di kediaman Ketua Forum sekaligus Ketua RW 10.
  • Membuat seragam untuk Pengurus dan anggota FORUM RT-RW
  • Membuat kalender Event

Setelah Acara ditutup, dilakukan acara ramah tamah dan sesi foto bersama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun