Mohon tunggu...
Suradin
Suradin Mohon Tunggu... Penulis Dompu Selatan

Terus Menjadi Pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

SMK BN Tingkatkan Kompetensi Siswa di Bidang Komputer

8 April 2021   23:49 Diperbarui: 8 April 2021   23:57 69 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
SMK BN Tingkatkan Kompetensi Siswa di Bidang Komputer
Dok. Di ruang Leb. Komputer SMK BN, Dompu-NTB, 


Sekolah Menengah Kejuruan Bangun Negeri (SMK BN) berkomitmen untuk mendorong dan memanfaatkan laboratorium komputer sekolah agar seluruh siswa bisa memahami dan mempraktekan komputer. Hal ini bertujuan agar lulusan SMK BN sudah siap mengarungi rimba raya dunia pekerjaan.

Sebagai sekolah kejuruan, SMK BN berusaha semaksimal mungkin untuk menempa peserta didiknya dengan beragam skill. Tidak hanya kompetensi keahlian yang diprioritaskan. Bahkan yang paling gencar saat ini adalah upaya menjalin kerja sama dengan perusahaan lokal lingkar tambang dan lembaga pendidikan yang dimotori oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis).

Dok. Guru mengajari fungsi tombol
Dok. Guru mengajari fungsi tombol

Dokpri. 
Dokpri. 

SMK BN memiliki dua kompetensi keahlian; Geologi Pertambangan (GP) dan Teknik Jaringan dan Komputer (TKJ). Namun demikian, peserta didik di kedua jurusan ini, mulai dari kelas X hingga kelas XI setiap hari akan mengikuti pembelajaran komputer di samping mata pelajaran yang diajarkan guru di ruang kelas.

Pihak sekolah mendorong peserta didik untuk belajar mengetik dan mengasah kemampuan dalam pembelajaran komputer. Sekolah menilai, ini akan menjadi salah satu modal bagi lulusan SMK BN untuk bisa bersaing dengan lulusan-lulusan sekolah lain.

Dokpri. 
Dokpri. 
Dokpri. 
Dokpri. 
Dalam mewujudkan harapan tersebut, beberapa guru SMK BN dan bahkan kepala sekolah ikut mengajari mengetik komputer peserta didik kelas X TKJ dan X GP di ruang laboratorium komputer sekolah, Kamis, (8/4/2021) pukul 12.00 siang.

Program yang dipelajari meliputi Microsoft Office Word, Microsoft Office Excell, Microsoft power point, Corel Drow dan Photoshop. Peserta didik diharapkan bisa mengoperasikan program-program tersebut, baik pada saat mengikuti pelajaran komputer, lebih-lebih ketika nanti mereka memasuki dunia kerja pada Praktek Kerja Industri (Prakerind).

Dokpri. 
Dokpri. 
Dokpri
Dokpri
Kepala Sekolah SMK BN, Irfan Sofian, S.Pd mengatakan, pihak sekolah memperhatikan khusus Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) untuk benar-benar di latih kemahirannya dalam mengoperasikan komputer. Hal ini dilakukan agar output yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan jurusan yang diambil. Selain itu juga ketika tamat dari sekolah siap mengarungi dunia kerja.

Dokpri. 
Dokpri. 
Lebih lanjut, Irfan melihat realnya di lapangan ternyata keahlian komputer memang sangat dibutuhkan, apalagi dengan hadirnya perusahaan di pertambangan yang membutuhkan tenaga operator/admin.

"Inilah yang menjadi dasar pemikiran kita untuk menggenjot  anak-anak TKJ, dan tidak hanya di sekolah, kita juga akan membuatkan jadwal khusus buat mereka. Ini tujuannya agar target yang diinginkan bisa tercapai" Ungkapnya

VIDEO PILIHAN