Mohon tunggu...
Suradin
Suradin Mohon Tunggu... Penulis Dompu Selatan

Terus Menjadi Pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Serba-serbi Skuad SMK BN dalam Merawat Kebersamaan

17 Januari 2021   17:29 Diperbarui: 17 Januari 2021   17:31 67 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Serba-serbi Skuad SMK BN dalam Merawat Kebersamaan
Dok. SMK BN, 


SETIAP hari ada banyak momen yang bisa diurai menjadi kisah. Ada makna di balik pertemuan dan menjadi histori di  masa mendatang. Bahwa saat ini kami pernah bersama. Pernah merangkai kisah untuk sesuatu yang lebih dari yang pernah direncanakan.

Dan kini kami ingin memulai sesuatu. Mencoba menjawab segala ketidakmungkinan. Semua harus segera di mulai. Bukankah seribu langkah ke depan harus di mulai dengan satu langkah pertama. Diperlukan sedikit keberanian untuk melangkah maju. Karena tidak akan ada perubahan jika hanya bertumpu dengan cara-cara lama yang tidak terbukti mujur. Diperlukan keberanian untuk membuka diri dengan sesuatu yang baru. Semua berjalan dinamis dan diperlukan bacaan yang jernih untuk melihat peluang.

Dok. SMK BN
Dok. SMK BN
Pandangan ini tumbuh subur di kalangan pembaharu terlebih anak muda. Setiap zaman, anak-anak muda selalu mengambil bagian dalam perubahan. Mereka menjadi kelas sosial yang peka terhadap kejadian di sekitar kehidupannya, terlebih ketika mereka dipayungi oleh satu lembaga tertentu. Kini sebagian anak-anak muda itu telah diserap dalam lembaga-lembaga formal seperti sekolah.

Dan seperti para punggawa yang dimiliki Sekolah Menengah Kejuruan Bangun Negeri (SMK BN) yang semuanya adalah kaum la muda. Mulai dari pemilik yayasan, kepala sekolah hingga sampai tata usaha adalah para pemuda. Sehingga dalam banyak kesempatan dan pertemuan, baik rapat resmi kelembagaan, maupun kala berbincang di pelataran sekolah hampir selalu dalam nuansa kekeluargaan.

Dok. SMK BN
Dok. SMK BN
Jabatan hanyalah penempatan posisi untuk suatu tanggungjawab, bukan membentuk jarak satu dengan yang lain. Karena bagi kami di SMK BN suatu tujuan tidak bisa dibebankan kepada segelintir orang, tetapi perlu ada kebersatuan dan kebersamaan di antara semua.
Sekolah yang beralamat di jalan lintas Lakey, desa Hu'u, kecamatan Hu'u kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat ini sejak dibangun tahun 2015 silam, memang banyak merekrut anak-anak muda, terlebih yang beberapa saat mendapatkan gelar academic di perguruan tinggi. Hingga kini anak-anak muda inilah yang mencoba mengembangkan dan memajukan sekolah.

Dok. SMK BN
Dok. SMK BN
Di awal tahun 2021 ini saja, sudah beberapa kali rapat di gelar untuk membincangkan tentang kemajuan sekolah. Bahkan ini terus menjadi wacana dalam setiap perjumpaan. Tidak sedikit yang memiliki ide serta gagasan yang cemerlang. Tinggal selanjutnya diperlukan komitmen dan konsisten untuk mewujudkannya. Dan tentu diejawantahkan secara bersama-sama.

Dok. SMK BN
Dok. SMK BN
Selain merawat hubungan baik antar sesama pendidik, juga merawat ide dan gagasan yang pernah terucap. Agar nanti, pada saat momen yang tepat, hal itu bisa langsung di implementasikan.

Tentu, selain terus berikhtiar, kami tetap melangitkan doa agar semua harapan dapat terwujud menjadi kenyataan. Dan semoga hasil karya untuk anak negeri
lewat sekolah ini, bisa menjadi amal ibadah di sisi yang maha kuasa. Karena menurut Tuhan, sebaik-baik manusia ialah yang memberi manfaat bagi semesta.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x