Mohon tunggu...
Suradin
Suradin Mohon Tunggu... Seorang Pendidik di SMAN 6 Mataram

Terus Menjadi Pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Destinasi Wisata Pantai Ngampa yang Eksotik

14 Juli 2020   06:08 Diperbarui: 14 Juli 2020   06:05 53 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Destinasi Wisata Pantai Ngampa yang Eksotik
Dok. Muadz Ndae Azka


BAGI teman-teman yang suka camping untuk wisata pantai di kabupaten Dompu. Jangan khawatir. Ada banyak spot yang bisa kalian sambangi untuk bisa camping bersama teman-temannya. Di selatan Dompu, tidak hanya Pantai Lakey yang bisa di kunjungi untuk di nikmati pantainya. Tepat di sebelah barat Desa Cempi Jaya, ada destinasi wisata Pantai Ngampa dengan pasir putih alami yang silau kala sunrise dan sunset menyapu semesta.

Destinasi wisata Pantai Ngampa bisa dijangkau sekitar 20 menit perjalanan dari kota Dompu. Untuk sampai di lokasi, Anda bisa datang dengan mengendarai roda dua dan roda empat dengan dua jalur utama sebelum benar-benar sampai di lokasi tujuan.

Pertama, Anda bisa menggunakan jalan timur, setelah keluar dari kota Dompu dengan melewati Desa Ranggo hingga sampai di Desa Cempi Jaya kemudian ke arah barat dan masuk ke kampung PT Sira.

Kedua, dari arah kota Dompu, Anda bisa melewati Desa Mbawi kemudian melalui jalanan yang berkelok-kelok nan menantang, hingga sampai ke desa Cempi Jaya. Bagi masyarakat kecamatan Hu'u sendiri, dari arah selatan Anda bisa melalui desa Jala hingga ke utara untuk menuju lokasi wisata Pantai Ngampa.

Di kampung PT Sira, Anda bisa langsung melewati perkampungan dengan jalanan tanah bebatuan yang belum di aspal.

Dari jalan utama untuk menuju  lokasi, kurang lebih 5 menit perjalanan untuk sampai di Pantai Ngampa. Jalan yang di lalui memang masih bebatuan dengan kerikil yang masih memenuhi ruas jalan. Namun, akan terjawab dengan keindahan Pantai Ngampa yang membentang dari arah timur hingga ke gunung Poto Fare di bagian barat pantai.

Dok. Ndae Azka
Dok. Ndae Azka
Dok. Ndae Azka
Dok. Ndae Azka
Di pinggir pantai, Anda bisa mendirikan perkemahan jika memutuskan untuk menginap. Di Pantai Ngampa, selain  Anda disuguhkan dengan pasirnya yang putih nan bersih, tetapi juga hempasan ombaknya yang menawan, yang  bisa di manfaatkan swa foto atau selfie untuk mengabadikan momen. Dan yang paling bagus, ketika arus naik dan hempasan ombak menampar karang yang menimbulkan percikan memenuhi sekitar. Pada saat itulah waktu yang tepat, mata camera membidik objek.

Di sore hari, Anda akan dimanjakan dengan lembayung senja menyapa semesta, dengan sunset yang menghiasai mega-mega di ufuk barat langit. Jika malam menyapa, di dekat perkemahan, Anda dan teman-teman bisa menyalakan api unggung, sambil menikmati kedap kedip lampu perahu nelayan dari arah laut yang sedang menangkap ikan. Selain itu, suara gemuruh ombak memecah karang, angin laut menyapa kulit, serta bintang yang menghiasi langit, akan menemani malam-malamnya di pantai Ngampa.

Dok. Ndae Azka
Dok. Ndae Azka
Dok. Ndae Azka
Dok. Ndae Azka
Namun, perlu di ketahui, Pantai Ngampa belum memiliki fasilitas yang memadai. Di sini, hanya ada baruga sebagai tempat untuk bersantai, selebihnya seperti home stay, toilet, tempat ibadah, air bersih serta fasilitas pendukung lainnya belum mendapatkan perhatian dari pemangku kepentingan.

Namun, sebagai tempat camping untuk destinasi wisata pantai, kiranya Pantai Ngampa, sangat tepat untuk di sambangi di akhir pekan. Di sini pun Anda bisa memancing ikan untuk kebutuhan selama melakukan camping. Bahkan  untuk melakukan kegiatan-kegiatan outbound yang sederhana bisa dilakukan di sepanjang pantai.

Tertarik untuk datang? Kami tunggu ya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x