supriyanto

Liburan ke Banyuwangi Setelah Wabah Covid-19

5 Juni 2020   10:31 Diperbarui: 5 Juni 2020   10:39 54
Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pengalaman tahun 2019 dulu melakukan perjalanan dari solo ke banyuwangi. setelah ada wabah yang melanda dunia kita pastinya merasa bosen dan jenuh alangkah baiknya mempersiapkan untuk liburan. liburan kali ini saya sarankan ke banyuwangi selain buget murah pemandangan yang ditampilkan juga sangat indah. saya akan menceritakan pengalaman saya dahulu waktu kebanyuwangi mengunakan transportasi umum berangkat dari solo dengan menaiki kereta sritanjung perjalanan kereta sekitar 12 jam.

sampai distasiun banyuwangi sekitar jam 20.00 wib sampai distasiun didekatstasiun menyediakan rumah singgah disana juga menyediakan sewa motor perhari harganya 75.000. setelah istirahat sebentar dan cari makan malam sekitar jam 24.00 saya melanjutkan perjalanan dengan motor menuju kawah ijen, perjalanan dari rumah singgah kekawah ijen sekitar 1 jam perjalanan diusahakan pakai jaket karena cuaca sangat dingin. saya melakukan start dari bascame kawah ijen jam 2 pagi perjalanan jalan kaki sekitar 2jam.

waktu yang sangat ideal disna bisa menikmati sunset kalau beruntung bisa melihat blue fire, setalah hari mulai siang saya memutuskan turun dan melakukan perjalanan ke rumah singgah. setelah melakukan istirahat sampai sore pada malam hari aku putuskan pergi ke alun alun, muter muter ke kota menikmati suasana malam. besok paginya saya putuskan untuk pergi ke hutan baluran di bondowoso. perjalanan dari rumah singgah sekitar 1.5 jam.

dihutan baluran kita bisa menikmati pemandangan alam yang sangat menakjutkan kalau musim kemarau kita bisa melihat padang savana dimana disana kita bila melihat langsung hewan tanpa dikurung dibiarkan bebas dihabitatnya. kalau kita menelusuri sampai jalan habis kita akan melihat pantai disana kita cuma parkir saja.

setelah menikmati seharian dihutan baluran akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke pinggiran pantai sambil menikmati sunrise dan makan seafood. sambil menunggu matahari tenggelam, sudah mulai malam saya putuskan pergi kerumah singgah dan keesokan harinya saya pulang kesolo.