Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Dilahirkan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), dan Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017-sekarang).

Selanjutnya

Tutup

Home Pilihan

Memanfaatkan Waktu Luang

12 September 2022   08:02 Diperbarui: 12 September 2022   08:16 71 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Home. Sumber ilustrasi: Unsplash

Memanfaatkan Waktu Luang

Pada saat libur kerja atau libur sekolah/kuliah, kita memiliki waktu senggang atau waktu luang. Untuk orang berduit, pasti sudah ada agenda berlibur. Mungkin mereka akan pergi ke tempat wisata, menonton bioskop, atau melakukan kegiatan yang bersifat rekreatif.

Bagaimana dengan orang awam yang tidak memiliki program berwisata? Jangan berkecil hati. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan dan mendatangkan semangat.

Mungkin Anda akan protes. Waktu libur, ya digunakan untuk bersantai, tidur-tiduran sepanjang hari atau menonton siaran televisi, main game, atau asyik dengan gawai.

Kalau itu dilakukan terus-menerus setiap hari libur, tentu tidak bagus untuk proses pendewasaan diri.

Bongkar Lemari Anda

Saya percaya di dalam lemari Anda, baik lemari pakaian, lemari perkakas dapur, atau lemari lain pasti ada barang-barang yang sudah lama tidak digunakan. Lemari pakaian misalnya. Pasti di dalamnya ada baju, celana, jaket, atau yang lain yang sudah jarang digunakan. Bahkan, Anda pun sudah enggan memakainya.

Nah, buatlah modifikasi pakaian yang sudah jarang dipakai itu. Kalau malas membuat modifikasi, segera kumpulkan dan sumbangkan ke panti sosial. Waktu luang Anda akan berguna.

Bersihkan Sudut Rumah

Ada bagian-bagian rumah kita yang jarang disentuh. Ada sudut rumah. Ada gudang. Ada pojok berdebu. Lakukan pembersihan. Mungkin cukup dilap. Mungkin perlu dipel. Bersihkan dengan penuh semangat. Keringat yang keluar dari badan akan membuat kita sehat. Keringat adalah kotoran. Harus dikeluarkan dari badan. Semakin banyak keringat keluar akan semakin sehat.

Benda Tidak Layak, Musnahkan!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan