Mohon tunggu...
Suprianto Haseng
Suprianto Haseng Mohon Tunggu... Lainnya - Pemuda Perbatasan, PAKSI Sertifikasi LSP KPK RI

Perjalanan hari ini bermula dari seberkas pengalaman yang tertumpah di sepanjang jalanan hidup. Seorang pribadi yang biasa-biasa saja dan selalu ingin tampil sederhana apa adanya bukan ada apanya. Berusaha menjaga nilai integritas diri..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kenalkan Nilai Integritas Sejak Dini

23 September 2022   11:10 Diperbarui: 23 September 2022   13:31 80 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumen Foto Pribadi Suprianto Haseng bersama anak-anak

Bangun pagi jangan lupa sarapan pagi,

Sarapannya dengan nasi goreng bumbu pedas,

Nilai-nilai anti korupsi perlu diperkenalkan sejak dini,

Agar tumbuh menjadi pribadi yang berintegritas.


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa korupsi berdampak besar bagi kehidupan masyarakat. Jika hal ini tidak ditangani dengan sebaik-baiknya, tidak menutup kemungkinan Indonesia hanya akan meninggalkan nama. Oleh karena itu, perlu adanya upaya pencegahan yang berkesinambungan yang harus dilakukan oleh seluruh elemen negara.

Tentunya untuk mencegah perilaku korupsi diperlukan upaya berupa penerapan nilai-nilai integritas antikorupsi. Untuk itu diperlukan nilai-nilai antikorupsi pada setiap individu. Nilai-nilai antikorupsi ini diharapkan dapat menjadi benteng pertahanan terhadap perilaku korupsi seseorang yang berdampak negatif bagi kehidupan semua orang.

Keluarga berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai antikorupsi pada anak-anaknya. Orang tua yang menanamkan kejujuran pada buah hati tercinta. Kemudian nilai-nilai tersebut akan melekat ketika mereka dewasa. Begitu pula dengan nilai-nilai integritas anti korupsi lainnya. Semuanya harus ditanam lebih awal.

Integritas merupakan salah satu pilar untuk membentuk karakter antikorupsi. Perilaku antikorupsi adalah amunisi untuk memerangi korupsi. Secara harfiah, Integritas dapat diartikan sebagai kesatuan antara kata dan tindakan. Jika kita  mengatakan anti korupsi, maka tindakan juga mendukungnya. Dalam bahasa sehari-hari, Integritas bisa dikatakan jujur atau tidak munafik.

Integritas merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa. Seluruh elemen bangsa harus memiliki integritas yang tinggi, termasuk penyelenggara negara, swasta, dan masyarakat pada umumnya. Integritas, jika sudah ditanamkan dalam diri, akan tumbuh dan berkembang, maka nilai-nilai anti korupsi yang terkandung di dalamnya seperti kejujuran, peduli, disiplin, kemandirian, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, keberanian, dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari. kehidupan. mewarnai setiap sendi kehidupan.

Nilai-nilai Integritas Antikorupsi pada akhirnya akan menjadi ruh setiap anggota masyarakat dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Disini saya ingin mengajak semua masyarakat agar lebih peduli lagi pada persoalan korupsi. Mari bersama bergandengan tangan berantas korupsi dengan cara menanamkan nilai integritas pada diri sendiri dan keluarga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan