Mohon tunggu...
Supli Rahim
Supli Rahim Mohon Tunggu... Pemerhati humaniora dan lingkungan

.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Gonjang-Ganjing Penyebab Banjir di Kalsel dan Seluruh Tanah Air

21 Januari 2021   08:36 Diperbarui: 21 Januari 2021   16:36 361 6 1 Mohon Tunggu...

Bismillah,

Adalah seorang Dandhy Laksono pegiat Wahana Lingkingan Hidup (Walhi) berang di akun twitternya kepada presiden RI karena di akun twitternya memberikan instruksi yang menurut Dandhy tidak pas. Berikut mari kita bahas penyebab banjir yang biasa melanda kebanyakan wilayah di tanah air.

Instruksi presiden

Presiden Jokowi memerintahkan kepada kepala BNPB, panglima TNI dan kapolri untuk memberikan bantuan perahu karet yang sangat diperlukan di lapangan. 

Menanggapi ini Dandhy Laksono sangat kecewa karena porsi presiden bukan itu. Dandhy lebih menekankan agar presiden mengevaluasi pelaksanaan pengelolaan lingkungan oleh perusahaan-perusahaan besar melalui kegiatan audit lingkungan sektor-sektor ekstraktif tersebut. Jadi menurut Sandhy levelnya presiden bukan persoalan ada tidaknya perahu karet.

Apa penyebab banjir

Di mana-mana penyebab banjir itu adalah gabungan dari sejumlah faktor yakni curah hujan yang tinggi, luas wilayah hujan, karakteristik daerah tangkapan sungai dan lamanya hujan. 

Lalu pertanyaan yang kita harus temuakan jawabannya adalah apakah hujan yang jatuh di Kaliman Selatan tergolong tinggi atau sangat tinggi? Apakah berlangsung lama atau sebentar? Apakah karakteristik daerah tangkapan hujan yang merupakan wilayah tangkapan sungai baik atau buruk? Apakah wilayah yang mengalami hujan berdurasi lama dan lebat itu meliputi wilayah yang luas? Apakah hujan berlangsung lama atau sebentar?

Memprediksi Runoff

Mari kita memprediksi sendiri-sendiri Limpasan permukaan (runoff) di suatu wilayah dengan aplikasi Runoff prediction secara online. Tekan play store di HP anda lalu ketik "Ahnursupli". Pilih Runoff prediction.

dok. pribadi
dok. pribadi
Ikuti dan pilih menu dalam aplikasi tersebut. Syaratnya hujan dianggap seragam, wilayah yang dijadikan objek kurang dari 300 ha, wilayah yang diprediksi 7 wilayah atau kurang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN