Mohon tunggu...
Supli Rahim
Supli Rahim Mohon Tunggu... Pemerhati humaniora dan lingkungan

.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Atasi Banjir dengan Doa dan Usaha

1 Januari 2020   11:43 Diperbarui: 1 Januari 2020   12:13 22 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Atasi Banjir dengan Doa dan Usaha
Banjir--twitter/@ksatria_muara

Bismillah, Alhamdulillah, allahumma shaliala Muhammad.

Barusan saya menelpon adek di bilangan tambun Bekasi di dataran banjir sungai Cipete Jawa barat. Kondisi rumahnya terendam air yang sangat memprihatinkan. Biasanya hanya 20 cm di dalam rumah tapi hari ini tahun ini setinggi 120 cm.

Ketika banjir melanda yang sangat dahsyat seperti ini tidak bisa banyak yang dilakukan kecuali doa dan doa. Ya Allah kasihani saudara kami di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia yang sedang ditimpa banjir. Segera surutkan segera keringkan kembali.

Ya Allah jika saudara kami di manapun berada berbuat kesalahan lalu karena kesalahan dan dosa2 mereka maka ampunian dosa mereka. Ya Allah kami tidak bisa berbuat apa-menghadapi makhlukMu bernama air apalagi makhlukMu yang lain. 

Tanda-tanda kebesaranMu

Ketika malapetaka menimpa kami di sana di sini harimau memangsa saudara kami, banjir terjadi di mana-mana kami hanya berserah diri kepadaMu.

😂😂😂

Kami yakin ini semua terjadi karena Kau sayang kepada kami ya Rabb. Kami memang banyak berbuat zolim kepada bumi, kepada alam, kepada sesama manusia dan bahkan kepada diri kami sendiri.

Dengan musibah ini semoga kami jadi sadar dan kami tahu diri, serta kami tidak merugi. Dengan musibah ini hati kami yang hitam membatu jadi lembut. Dengan musibah ini kami segera bertaubat dari segala perbuatan dosa dan maksiat.

Ya Allah kami mohon ampun karena kami sudah melupakan sejarah bahwa di hulu sungai mestinya ada kawasan hutan lindung. Hari ini kami jadikan kawasan konservasi menjadi tempat villa villa dan hotel yang sebagian dijadikan tempat maksiat. Pada malam tahun baru tadi banyak acara Hura Hura sementara shalat ditinggalkan.

Ya Allah kami menyadari bahwa sungai sungai di mana saja kami tinggal telah kami alih fungsikan menjadi pemukiman dan kami sempitkan sungai sungai itu sehingga mereka terdesak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x