Mohon tunggu...
Supli EffendiRahim
Supli EffendiRahim Mohon Tunggu... Penulis - pemerhati lingkungan dan kesehatan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Orang biasa yang ingin jadi orang baik di mata Allah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pelajaran bagi Sekelompok Orang Nadimin

18 September 2021   05:38 Diperbarui: 18 September 2021   06:23 92 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bismillah,

Ada banyak nama orang dalam alquran. Ada Lukman, ada 25 nabi dan rasul, ada wanita soleha, ada orang soleh, ada orang jahat. Nadimin sepertinya seperti nama orang suku Jawa. Pada hal bukan. Tulisan ini mengupas tentang nadimin yang banyak disebut dalam alquran.

Adam, manusia pertama

Tidak ada informasi dari para mufasir akquran, ahli hadist maupun dari para fuqaha dan sejarawan tentang apa makna kata Adam. Adam adalah moyang manusia yang merupakan manusia pertama. Tetapi jika kita ingin mencari padanan kata Adam sebagai kata benda dengan kata kerja maka yang paling dekat adalah nadama atau yadama yang berarti kami menyesal dan dia menyesal. Maka dapat disimpulkan bahwa makna Adam adalah orang yang menyesal.

Dalam kenyataan sejarah memang benar bahwa Adam menyesal karena membuat kesalahan di surga sehingga mereka harus keluar dari surga. Diceritakan dalam alquran bahwa Adam dan istrinya digiring untuk memakan buah kholdi. Sehingga Adam dan Hawa diturunkan ke bumi serta harus berpisah satu sama lain selama 100 tahun.

Adam sungguh menyesal telah menurutkan keinginan istrinya Hawa yang dibujuk oleh Iblis.  

Siapa Nadimin

Kata nadimin banyak sekali dijumpai dalam alquran antara lain dalam surat Al-Maidah ayat 31 dan 52 serta dalam al-Hujarat ayat 6. Dalam QS ayat 31 diketahui bahwa Qobil membunuh Habil saudaranya. Dia termasuk "nadimin" karena membunuh saudara dan karena tidak bisa menguburkan mayat saudaranya pada hal sudah diajarkan burung gagak yang bisa menguburkan saudaranya yang mati.

Di dalam QS al-Maidah ayat 52 ada kata nadimin yaitu mereka yang di dalam hatinya ada penyakit lalu mereka mendekati Yahudi dan Nasrani. Mereka menyesal karena merahasiakan sesuatu kebenaran. 

Kata nadimin juga ditemukanndalam.QS al Hujajarat ayat 6: "Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal (nadimin) atas perbuatanmu itu".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan