Mohon tunggu...
Supli EffendiRahim
Supli EffendiRahim Mohon Tunggu... Penulis - pemerhati lingkungan dan kesehatan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Orang biasa yang ingin jadi orang baik di mata Allah

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Jalani Hidup Kita dengan Hati yang Sehat, Hati yang Bersih

17 September 2021   03:14 Diperbarui: 18 September 2021   01:50 110 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bismillah,

Derajat kesehatan manusia itu sangat dipengaruhi oleh banyak hal. Tetapi 4 faktor utama berikut bertanggungjawab sebagai faktor dominan yang mempengaruhi kesehatan manusia, termasuk  anda pembaca dan saya penulis. 

Lingkungan di mana kita berada, prilaku kita, faktor  keturunan dan pelayanan kesehatan merupakan faktor faktor penentu menurut H L Bloom. Prilaku merupakan faktor pertama dan utama yang mendikte derajat kesehatan jika lingkungan kita sudah baik, kita keturunan orang baik baik, apalagi pelayanan kesehatan sudah standar, sudah baik.

Sehat itu ada di hati, di fikiran

Setiap hari kita mestinya berkata, berniat, berprasangka dan memulai hari dengan kebaikan. Berkata yang baik, senyum, syukur, doa, ceriah, berniat baik dan berprasangka baik. 

Bangun tidur katakan doa berikut: "alhamdulillahillazi ahyana bakdama amatana wailaihinusyur.". Terima kasih ya Allah Kau beri kesempatan bagiku untuk menapaki kehidupan sesuah mati. Lalu kita wudhuk dan solat. Solat tahajud, solat witir, qobliyah subuh, subuh, doa, zikir, baca quran dan sb.

Kita sudah mengawali hari dengan bersyukur dan berzikir, berkata yang baik dan berprasangkabyang baik. Maka insyaa Allah kita akan dianugerahi Allah kesehatan yang prima - jiwa kita, fisik kita, yang akan berdampak kepada kesehatan ekonomi, sosial dan sebagainya.

Bersihkan hati, sehatkan hati

Setiap saat dalam menjalani hidup, pembaca dan penulis akan selalu berada salam kondisi lingkungan enak, tidak enak, susah senang, sehat sakit, dimarahi orang dipuji orang. 

Tetapi hadapi dengan hati yang ikhlas, tidak emosional, tidak dendam karena semua ada dalam pengetahuan dan dalam pengawasan Allah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan