Mohon tunggu...
Sumarjiyati sumarjiyati
Sumarjiyati sumarjiyati Mohon Tunggu... Guru - Seorang Guru PAI SD. Aktif di komunitas Aisei dan Lagerunal.

Menulis baginya sesuatu yang buatnya bahagia, bahagia bisa berbagi, menulis bisa memanjangkan umur dan mengukir sejarah. Tulis yang kamu lakukan lakukan yang kamu tulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Penanaman Karakter

4 Agustus 2022   12:44 Diperbarui: 4 Agustus 2022   13:34 82 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penanaman Karakter Peserta Didik

Sudah 3 pekan tahun pelajaran baru dilaksanakan. Alhamdulilah suasana sekolah sudah benar- benar normal. Pembelajaran sudah tidak terbatas lagi, mulai pelaksanaan upacara bendera di hari senin, pelaksanaan salat berjamaah,  dan ekstra kulikuler juga sudah aktif lagi. Mulai dari pramuka, BTA, drumband, menari, dan hadroh. 

Sedikit demi sedikit penanaman karakter pada siswa pun sudah dilakukan. Guru sebagai teladan bagi seluruh siswa harus benar-benar mampu memberikan contoh yang baik. 

Melalui kebersamaan guru di sekolah diharapkan mampu membentuk karakter siswa dengan kebiasaan-kebiasaan baik dan tertib yang dilakukan di sekolah.

Pendidikan karakter harus ditumbuhkan dan dikembangkan tidak serta merta muncul pada anak.  Melalui upacara bendera banyak penanaman karakter disana. Kedisiplinan, kekompakan, kepatuhan, bersyukur, kerja keras dan tanggungjawab serta masih  banyak nilai-nilai yang dapat kita ambil. 

Selain dari upacara bendera pendidikan karakter juga bisa di tumbuhkan dari sikap para siswa yang datang dan bertemu guru. Hal itu  salah satu cara membentuk karakter siswa, kesopanan.  

Di saat akan melaksanakan salat siswa mengambil air wudu dengan antri, menaruh sandal dengan rapi serta merapikan peralatan salat di al-mari juga dapat membentuk karakter siswa. Hal-hal kecil seperti itu perlu sekali ditumbuhkan agar karakter siswa terbentuk dengan baik.  

Di mulai dari hal kecil maka saya yakin siswa dengan sendirinya akan senantiasa menerapkan perilaku disiplin dalam hidup mereka. Jika tidak di biasakan maka dalam menjalani kehidupan mereka akan semaunya sendiri dan tentu akan merugikan mereka dan juga orang lain.

engarahkan, membimbing mereka. Salah satu diantaranya kita bisa mengajak siswa kita untuk mengikuti upacara dengan tertib.

Semoga program- program sekolah yang sudah dibuat dapat dilaksanakan sesuai rencana. Kerjasama yang baik antar kepala sekolah, guru, karyawan dan orang tua serta seluruh siswa tentu sangat menunjang kelancaran berlangsungnya program sekolah agar sesuai yang di harapkan. Terimakasih salam sehat salam literasi tetap semangat dan terus berkarya.

Gunungkidul, 4 Agustus 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan