Mohon tunggu...
Sumardinsyah
Sumardinsyah Mohon Tunggu... Pencari Inspirasi

Penulis lepas pada media online lokal

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Memanfaatkan Halaman Rumah untuk Kawasan Hijau

13 Maret 2021   11:24 Diperbarui: 13 Maret 2021   17:03 173 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memanfaatkan Halaman Rumah untuk Kawasan Hijau
Dokumen pribadi

Ketika duduk depan rumah, bersenda gurau bersama keluarga adalah waktu yang sangat berharga. Mengobrol, main catur, atau pun menyapu halaman adalah kegiatan biasa yang dilakukan ketika pulang beraktivitas di luar rumah. Tapi saat sekarang lagi ramai-ramainya berkebun. Hal yang dilakukan mulai dari menyiapkan media tanam, hunting bunga dan juga pot.

Disaat pemanasan global dimulai, maka tidak disadari penduduk dunia sudah memulai dengan sendirinya. Pembabatan hutan buat lahan terbuka seperti yang terjadi di beberapa daerah Indonesia. Kondisi seperti ini menimbulkan inisiatif dan kesadaran untuk menghijaukan kembali bumi. Tidak harus menanam pohon di hutan dan gunung, penghijauan pun bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan halaman kosong rumah. Tentunya tidak mengesampingkan fungsinya untuk tempat bermain anak-anak.

Pemilihan jenis tanaman pun menjadi faktor penentu untuk keindahan taman. Tentunya kesukaan dari pemilik taman pun mempengaruhinya. Tapi tidak sedikit juga ada taman yang memiliki lebih dari 10 jenis tanaman. Variasi tanaman perlu diprioritaskan juga untuk membentuk keindahan.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Jenis tanaman yang ditemuin biasanya pohon palem, bougenvil, bunga pukul sembilan, jenis aglonema dan lain lain. Tanaman-tanaman tersebut bisa didapat dengan membeli dengan harga terjangkau di tempat pembibitan tanaman. Tentunya selain tanaman hias, taman kita bisa diisi dengan tanman buah seperti pohon mangga madu yang tidak begitu tinggi tapi bisa merindangi dari sinar matahari. selain itu pohon jambu, alpukat, serta tanaman merambat yang bisa membuat taman depan lebih sejuk.

Taman bunga dihalaman depan(dokumen pribadi)
Taman bunga dihalaman depan(dokumen pribadi)

Selain tanaman penyejuk  tidak lengkap bila sebuah gazebo tidak dibuat untuk tempat tongkrongan selain kursi dan meja kecil. Penempatan dan desain gazebo pungazebo pun mempengaruhi pemandangan halaman depan rumah. Seperti yang terjadi pada saya, kebanyakan teman saya lebih memiloh nongkromg du gazebo daripada masuk ke ruang tamu, lebih santai kata mereka. Bila di ruang tamu terasa formil, sedangkan di gazebo lebih bebas berekspresi tapi tetap santun. Tidak lupa pot gantung di pasang di bawah atap gazebo.Tanaman yang dipilih pun yang berdaun kecil dan bersifat merambat. mulai dari bunga Lobelia, Portulaca atau Bunga Pukul Sembilan, Bunga Lantana, Black-Eyed Susan Vine (Thunbergia alata) dan lain-lain tergantung selera anda.

dokumen pribadi
dokumen pribadi

Selain diisi dengan tanaman hias, tidak sedkit juga halaman kosong ditambahin kolam kecil. Ada yang kolam ikan hias maupun kolam renang buatuat anak-anak. Disamping kolam tetap dipenhuin dengan pot-pot bunga dengan tetap memperhatikan keindahan dan kenyamanan bila nongkrong dikolam.

Gazebo ditengah kolam (dok.pribadi)
Gazebo ditengah kolam (dok.pribadi)
Tidak perlu jauh-jauh menikmati hijaunya alam dan mencri udara segar. Dengan memanfaatkan luas halaman dan dibarengi dengan hobi berkebun maka sekecil apapun halaman yang rumah kita miliki, sudah bisa menyegarkan mata dan mendapatkan udara segar seperti di alam bebas. Mari bersama kita lestarikan hijaunya daun dan birunya langit agar tetap terjaga sumber daya hayati bumi kita ini. 

SALAM LESTARI!!!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x