Mohon tunggu...
Sulis Tyaningsih
Sulis Tyaningsih Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan

Buku Pendiidkan, Sosial-Budaya, Sejarah, Sastra, Psikologi dan Sains sangat saya sukai.

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982

13 September 2022   18:10 Diperbarui: 13 September 2022   19:09 53 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Judul Buku                                        : Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982

Pengarang                                        : Cho Nam Joo

Alih Bahasa                                      : Lingliana

Dimensi Buku                                 : 192 Halaman;20 cm

Penerbit                                            : Gramedia Pustaka Utama

Siapa sih yang tidak tahu K-POP, K-Drama, dan kimchi? Setelah boomingnya dunia hiburan Korea Selatan yang punya personal branding unik, hampir semua orang tahu tentang istilah tersebut.

Kali ini saya tidak akan membahas skandal percintaan V BTS dengan Jennie Blackpink atau pun mengulas rasa masakan khas Korea Selatan. Ini lebih dari sekadar hiburan, karena menyangkut masa depan wanita di kemudian hari.

Buku Kim Ji-Yeong lahir Tahun1982 adalah kisah hidup seorang perempuan Korea Selatan yang bisa jadi representatif kehidupan wanita di dunia. Saat membaca buku ini, ada sensasi senang dan miris. Senang karena ternyata saya tidak sendirian dan miris karena anomali itu terjadi di tahun 1982 dan tidak menutup kemungkinan terjadi lebih parah di tahun sebelumnya. Tetapi yang sangat disayangkan adalah anomali itu tetap terjadi sampai sekarang.

Begitu banyak anomali yang dialami perempuan dari saat mereka jadi janin sampai mereka menutup mata. Perempuan umpamanya sebuah atom karbon. Di mana atom ini harus memilih jalan hidup yang hanya ada dua pilihan. Cara menemukan jalan tersebut pun harus dengan mengikuti pedoman alkemis sendiri.

Jika mengabaikan semua peraturan alkemis tentunya karbon tetaplah akan menjadi karbon yang ciri khasnya kebanyakan tidak disukai orang-orang. Hitam-legam, kotor, dan dapat merusak lapisan ozon. Sebaliknya jika mengikuti aturan yang ada tentulah semua mata akan berdecak kagum padanya, dikarenakan ia akan menjadi barang yang begitu berkilau dan indah, yaitu sebuah berlian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan