Mohon tunggu...
Suko Waspodo
Suko Waspodo Mohon Tunggu... Dosen - Pensiunan

Aku hanya debu di alas kaki-Nya

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Waktu Terbaik untuk Makan Malam

3 November 2023   19:50 Diperbarui: 3 November 2023   19:52 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: detikcom

Waktu terbaik untuk makan malam dapat bervariasi tergantung pada preferensi individu, norma budaya, dan faktor gaya hidup. Tidak ada jawaban universal untuk pertanyaan ini, namun berikut beberapa pertimbangan untuk membantu Anda menentukan waktu terbaik untuk makan malam:

Jadwal Pribadi: Rutinitas harian dan jadwal kerja Anda dapat sangat memengaruhi kapan Anda makan malam. Banyak orang memilih waktu makan malam standar sekitar pukul 18.00 hingga 20.00 agar selaras dengan jadwal pasca-kerja mereka. Namun, jika jadwal Anda berbeda, Anda mungkin perlu menyesuaikan waktu makan malam Anda.

Irama Sirkadian: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyelaraskan waktu makan dengan ritme sirkadian alami tubuh Anda, yang mengikuti siklus sekitar 24 jam, mungkin memiliki manfaat kesehatan. Makan lebih awal di malam hari mungkin lebih baik untuk metabolisme dan pencernaan Anda. Sebaliknya, makan larut malam dapat mengganggu tidur dan menyebabkan penambahan berat badan pada beberapa individu.

Praktik Budaya: Norma dan tradisi budaya sering kali menentukan kapan orang makan malam. Di beberapa budaya, makan malam secara tradisional disantap pada larut malam, sementara di budaya lain, makan malam dikonsumsi lebih awal. Penting untuk menghormati dan mematuhi praktik budaya jika itu adalah bagian penting dalam hidup Anda.

Komposisi Makanan: Komposisi makan malam Anda juga dapat mempengaruhi kapan Anda memilih untuk makan. Jika Anda merencanakan makanan yang lebih berat, mungkin lebih baik makan lebih awal agar tubuh Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mencerna sebelum tidur.

Tujuan Diet: Jika Anda mencoba mengatur berat badan atau kondisi kesehatan tertentu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kapan Anda makan dalam konteks asupan kalori harian Anda secara keseluruhan. Beberapa orang menemukan bahwa makan malam lebih awal membantu mereka mengontrol konsumsi kalori dengan lebih baik.

Preferensi Pribadi: Pada akhirnya, waktu terbaik untuk makan malam adalah masalah preferensi pribadi. Beberapa orang merasa lebih baik jika makan lebih awal, sementara yang lain lebih memilih makan malam lebih lambat. Penting untuk memilih waktu makan malam yang sesuai dengan gaya hidup Anda dan membantu Anda menjaga pola makan yang sehat.

Ingatlah bahwa waktu makan malam hanyalah salah satu aspek dari pola makan sehat. Kualitas dan komposisi makanan Anda secara keseluruhan, serta ukuran porsi, sama pentingnya untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau ahli diet terdaftar jika Anda memiliki masalah diet atau tujuan kesehatan tertentu.

***
Solo, Jumat, 3 November 2023. 7:45 pm
Suko Waspodo

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun