Mohon tunggu...
Sukasmo Kasmo
Sukasmo Kasmo Mohon Tunggu... Sekedar berbagi serta belajar bersama

Seorang anak desa yang terdampar di pesisir utara , adoh ratu cedak banyu

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penggunaan Metode Reading Guide untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

7 Agustus 2020   23:24 Diperbarui: 7 Agustus 2020   23:25 211 1 0 Mohon Tunggu...

Dalam situasi masyarakat yang selalu berubah, idealnya pendidikan tidak hanya berorientasi pada masa lalu dan masa kini, tetapi sudah selayaknya merupakan proses yang mengantisipasi dan membicarakan masa depan, Pendidikan hendaknya memandang dan selalu memikirkan apa yang akan dihadapi siswa di masa yang akan datang.

Pembelajaran yang bersifat kooperatif sangat diperlukan dalam proses pembelajaran karena pembelajaran ini muncul dari konsep bahwa siswa akan lebih mudah memahami dan menemukan konsep yang sulit jika mereka saling berdiskusi dengan temannya. Siswa secara rutin bekerja dalam kelompok untuk saling membantu memecahkan masalah yang kompleks (Trianto,2007:41)

Keberhasilan suatu pembelajaran sangat dipengaruhi dalam pemilihan metode yang akan digunakan. Metode dalam Ilmu Pengetahuan Alam merupakan cara penerapan prinsisp-prinsip didaktis, pendidikan dan psikologis dalam menyediakan kondisi, yang merangsang serta mengarahkan kegiatan belajar siswa untuk memperoleh seperangkat pengetahuan, keterampilan, sikap serta nilai-nilai yang mengakibatkan perubahan tingkah laku maupun pertumbuhan sebagai pribadi (Shalahuddin, 1987:23)                       

Penggunaan metode yang tidak tepat akan berdampak pada kurang efektifnya proses pembelajaran sehingga akan berpengaruh terhadap perilaku dan hasil yang didapatkan siswa pada mata pelajaran tersebut.

Dalam pengamatan yang dilaksanakan sebelum penelitian, partisipasi siswa dalam proses pembelajaran kurang sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil belajar yang didapatkan pada nilai Ulangan Tengah Semester yang rendah.

Membaca adalah suatu kuci pokok seseorang untuk dapat meraih kesuksesan dalam berbagai hal dalam kehidupan kita sehari-hari baik di dunia maupun di akhirat.

Dengan fakta tersebut, maka penulis sebagai guru IPA berfikir untuk mencoba menerapkan metode Reading Guide dalam rangka meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar sehingga diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat.

Sebagai alasan dalam pemilihan metode Reading Guide adalah karena Metode Reading Guide ini bersifat efektif, komprehensif, Melekat, dan Menyenangkan.

Lokasi sekolah yang berada di wilayah pedesaan seperti SMP Negeri 2 Kaliwungu Kendal sangat mendukung untuk melakukan pembelajaran dengan Metode Reading Guide di sekitar sekolah. Penggunaan metode Reading Guide merupakan metode pembelajaran inovatif yang lebih banyak melibatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran IPA yang diharapkan dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Fisika bagi siswa. 

Hasil belajar merupakan sesuatu yang dicapai atau diperoleh siswa dari proses belajar. Menurut Sudjana (2012: 3) pada hakikatnya hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotoris.

Reading Guide atau disebut juga bacaan terbimbing adalah suatu metode pembelajaran yang dalam pelaksanaannya menitik beratkan pada unsur membaca dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan yang didalamnya merupakan inti dari apa yang ingin di gali dari pokok bahasan materi tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN