Mohon tunggu...
Supra
Supra Mohon Tunggu... Operator - Operator-Design-Writer

Menulis yang ringan-ringan- terutama bola Prasetyosujud79@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Sinergi Antara Taman Kota dan Perpustakaan Daerah Kendal

19 November 2023   09:30 Diperbarui: 19 November 2023   09:46 230
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perpustakaan daerah Kendal Dok Pribadi

Perpustakaan Daerah Kendal yang ada di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, mampu menjadi pusat edukasi pengetahuan dan budaya yang penting bagi warga Kendal. Diresmikan oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, perpustakaan ini adalah perpustakaan daerah terbesar di Indonesia. Saat peluncurannya, Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal telah menerima penghargaan MURI. Peluncuran gedung layanan perpustakaan daerah ini juga merupakan momen yang sangat penting bagi Masyarakat Kendal.

Perpustakaan Daerah Kendal bukan hanya menjadi tempat penyimpanan buku, tetapi juga tempat yang menyimpan banyak cerita. Pada setiap halaman buku yang ada di perpustakaan ini, tersimpan cerita-cerita yang menarik, pengetahuan yang berharga, dan sejarah yang tak ternilai harganya.

Koleksi buku yang ada di Perpustakaan Daerah Kendal sangat lengkap dan beragam. Mulai dari buku-buku fiksi, nonfiksi, sampai buku-buku bersejarah semuanya dapat ditemukan di sini. Masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk belajar, melakukan riset, atau hanya untuk menikmati suasana tenang di tengah hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.

Selain bangunan nya yang unik, tata letak Perpustakaan Daerah Kendal juga unik karena berdekatan dengan Taman Gajah Mada salah satu taman kota yang ada di Kendal. Sehingga hal ini membuat terjadinya integrasi dan sinergi antara taman kota dan perpustakaan daerah.

Taman Gajah Mada Kendal Dok Pribadi
Taman Gajah Mada Kendal Dok Pribadi

Hal positif bisa terjalin antara taman kota yang asri berdekatan dengan perpustakaan daerah. Tentu ini sangat menarik karena Masyarakat Kendal memiliki banyak pilihan hiburan dimana Masyarakat dapat memilih untuk menikmati keasrian taman dan bisa juga untuk memilih menikmati suasana perpustakaan daerah.

Selain itu, perpustakaan daerah Kendal juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya untuk meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan anak-anak dan remaja. Mereka mengadakan program kunjungan ke perpustakaan, ceramah, dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk mengenalkan pentingnya membaca dan pengetahuan sejak dini.

Anak Bermain di Taman Dok Pribadi
Anak Bermain di Taman Dok Pribadi

Seperti saat saya datang ke Taman Gajah Mada Kendal. Terlihat ada banyak rombongan anak SD yang melakukan kunjungan ke Perpustakaan Daerah Kendal. Sembari menunggu giliran masuk ke perpustakaan daerah mereka bisa bermain terlebih dahulu di taman yang memang menjadi tempat yang asyik untuk menikmati suasana yang asri.

Dengan terjalinnya integrasi dan sinergi yang baik seperti ini, tentu akan menghasilkan dampak yang besar bagi pertumbuhan pengetahuan untuk Masyarakat Kendal. Setelah pikiran tenang dan nyaman saat menikmati suasana asri taman Gajah Mada otak sudah Bersiap untuk menggali informasi dan Pelajaran dari membaca buku" yang ada di Perpustakaan Daerah Kendal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun