Mohon tunggu...
Sujiati Sujiati
Sujiati Sujiati Mohon Tunggu... Guru - Guru Bimbingan dan Konseling

Saya adala seorang guru di sebuah SMP Negeri di Kabupaten Bintan sejak tahun 2009 dan menjabat sebagai guru BK. Sekaligus mendapat tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum sejak tahun 2019 hingga sekarang. Hobi saya traveling dan dunia digital

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Dwimingguan Modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak

9 Desember 2022   06:07 Diperbarui: 9 Desember 2022   06:10 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Saya telah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran modul 1.2 , pada modul ini ada banyak informasi dan pengetahuan baru yang saya peroleh  selama mengikutinya di LMS. Saya merefleksikan kegiatan pembelajaran modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak ini dengan model 4P yaitu Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan Rencana ke depan.

  1. Peristiwa

Pada tanggal 7 November 2022 saya mulai mempelajari modul 1.2 yaitu tentang nilai dan peran guru penggerak. Materi di dalam modul 1.2 ini terbagi atas 3 materi besar yaitu bagian A tentang konsep manusia tergerak, bagian B tentang konsep manusia bergerak, dan bagian C tentang konsep menggerakkan manusia.

Di tanggal 7 dan 8 NOpember 2022, saya dan teman-teman diarahkan oleh fasilitator yaitu Ibu Melly Restuti untuk malukan eksplorasi konsep dengan diskusi tertulis di LMS alur eksplorasi konsep setelah melakukan kegiatan mulai diri. Setelah mempelajari materi dan berdiskusi di alur eksplorasi konsep, saya dan teman-teman melanjutkan kegiatan diskusi di ruang kolaborasi 1.2 tepatnya yaitu tanggal 11 Nopember 2022. Pada pertemuan ini, kami dibagi menjadi dua kelompok, dimana saya sendiri sekelompok dengan Bu Maya, Pak Anggi, Pak Tyo, Pak Imam dan Pak Emri. Di dalam kelompok ini, kami diminta membuat karya video/ppt yang berisi gambaran singkat yang berbasis kekuatan nilai yang dominan pada diri kita lalu merancang satu kegiatan yang sesuai dengan satu peran GP yang kelompok pilih. kemudian dilanjutkan kedalam diskusi kelompok kecil secara mandiri tetapi tetap dalam pemantauan fasilitator dan pengajar praktik saya.

Setelah melakukan diskusi di kelompok kecil secara mandiri di ruang kolaborasi, kami lanjutkan kegiatan di hari berikutnya yaitu 15 Nopember 2022 dengan agenda presentasi hasil diskusi masing-masing kelompok. Kegiatan berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan kegiatan refleksi yang dipimpin oleh Ibu fasilitator yaitu ibu Melly Restuti. Dalam kegiatan kolaborasi pada waktu presentasi, banyak masukan dan pengetahuan tambahan yang saya dapatkan dari teman-teman kelompok lain. 

Kemudian tepat hari Jumat, 19 Nopember 2022 pukul 15.30 - 17.00 wib melaksanakan kegiatan elaborasi pemahan bersama Bapak Elan Lesmana (Instruktur Nasional) yang memberikan penjelasan tentang materi modul 1.2. Dalam kegiatan ini saya bersemangat dan senang sekali dalam mengikutinya bapak Elan dalam memaparkan materi sangat jelas dan detail. Selain itu sajian materi yang berupa tampilan peta konsep membuat saya semakin paham dan mendalami materi modul 1.2 ini

Lalu Kegiatan modul 1.2 ini diakhiri dengan pembuatan tugas demonstrtasi kontekstual tepat pada tanggal 21 Nopember 2022,  serta aksi nyata  dalam video yang dapat diupload pada sosial media atau youtube pribadi, kegiatannya berupa rangkaian aktualisasi dari refleksi diri yang telah dibuat secara narasi ini.

  1. Perasaan

Setelah mempelajari modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak ini, yang saya rasakan kebermanfaatannya yaitu tumbuhnya kesadaran diri sendiri, dimana pikiran dan hati mulai tergerak untuk melakukan perubahan pada diri saya sendiri terlebih dahulu. Saya ingin memperbaiki hal-hal yang telah saya lakukan kurang baik selama ini, kemudian berusaha menumbuhkan nilai dan peran yang semestinya dimiliki oleh seorang guru penggerak. Setelah saya tergerak, selanjutnya saya ingin menggerakkan rekan-rekan guru di sekolah sehingga bisa bergerak bersama mewujudkan peserta didik yang dapat mengaktuliasikan sebagai pelajar yang berkarakter  dengan profil pelajar Pancasila untuk Indonesia yang lebih baik.

  1. Pembelajaran

Banyak ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan selama dua minggu mempelajari modul 1.2, yaitu sebagai berikut :

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun