Akhmad Sujadi
Akhmad Sujadi wiraswasta

Entepreneur

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Jamin Stok Kebutuhan Pokok Pelni Hadirkan "Rumah Kita" di Saumlaki

13 Maret 2018   11:39 Diperbarui: 13 Maret 2018   14:55 543 0 0
Jamin Stok Kebutuhan Pokok Pelni Hadirkan "Rumah Kita" di Saumlaki
Wakil Bupati MTB Agustinus Utuwaly dan Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT. Pelni Harry Boediarto saat peresmian. Dok.pribadi

 


Usai hadir di Timika, Manokwari, dan Morotai, Pelni Logistics telah meresmikan "Rumah Kita" di Saumlaki demi melayani kebutuhan masyarakat dengan harga yang terjangkau. Peresmian "Rumah Kita Saumlaki"dilaksanakan Senin (12/3) di Ibu Kota Maluku Tenggara Barat (MTB) di Saumlaki.

Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Harry Boediarto mengatakan  Pelni melalui anak perusahaan PT Sarana Bandar Nasional (SBN) dengan branding Pelni Logistics terus mewujudkan "Rumah Kita" di kawasan timur Indonesia. Sebelumnya BUMN transportasi laut ini,  melalui Pelni Logistics telah menyajikan "Rumah Kita" di Timika, Manokwari, dan Morotai,  "Dengan hadirnya "Rumah Kita" di Saumlaki, kami pun telah merealisasikan penugasan dari induk (Pelni)," ujar  Harry Boediarto yang didampingi Dirut SBN   Suharyanto yang juga membawahi Pelni Logistics.

Sebagai pengelola gerai "Rumah Kita" dan ritel Pelni Mart di Indonesia Timur , perusahaan juga telah mendesain gerainya agar dapat melayani kebutuhan masyarakat, baik yang berbelanja secara retail (eceran) maupun grosir melalui Pelni Mart. Suharyanto pun berharap, hadirnya "Rumah Kita"  ini dapat memberikan kepastian pasokan mengurangi disparitas harga, sosial maupun ekonomi masyarakat.

Ditambah Harry Boediarto, melalui kapal-kapal Pelni, saat ini kami juga memasarkan beras dari petani Merauke sebanyak 15 ton untuk memasok kebutuhan warga di Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan menggunakan KM.  Sirimau. "Kapal akan tiba Hari Jumat (16/3) di Saumlaki," terang Harry Boediarto.

Tanda Tangan MoU Pelni dengan BUMD Kab. MTB (ft Pelni)
Tanda Tangan MoU Pelni dengan BUMD Kab. MTB (ft Pelni)
Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tenggara Barat Agustinus Utuwaly  menyambut baik dan mendukung sepenuhnya Program "Rumah Kita" di Saumlaki. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Menteri BUMN melalui PT Pelni, PT Sarana Bandar Nasional, dan PT Bandar Indotrading yang telah bekerja sama mewujudkan Rumah Kita di wilayah Maluku Tenggara Barat," ujar Agustinus Utuwaly.

Wakil Bupati pun menegaskan, hadirnya "Rumah Kita" dapat mewujudkan iklim usaha yang sehat dan kompetitif sehingga dapat  meningkatkan produktivitas masyarakatnya. "Melalui daya saing daerah yang unggul itulah akan berdampak pada penurunan angka kemiskinan, pengangguran, dan gizi buruk untuk menuju masyarakat Maluku Tenggara Barat yang cerdas, sehat, berwibawa, dan mandiri," terangnya.

Agustinus Utuwaly berharap agar program ini diteruskan,  dilanjutkan dan ditingkatkan sampai ke seluruh desa di wilayah Maluku Tenggara Barat. "Bukan terbatas pada BUMD, tetapi koperasi dan usaha masyarakat lainnya dapat mendukung program baik ini," tuturnya.

Wabup MTB Agustinus Utuwaly Membuka pintu gerai "Rumah Kita" Saumlaki.
Wabup MTB Agustinus Utuwaly Membuka pintu gerai "Rumah Kita" Saumlaki.
Senada dengan Wakil Bupati, selain di Saumlaki, Suharyanto pun menjelaskan bahwa "Rumah Kita" telah terealisasi dan hadir di Manokwari,Timika, dan Morotai. "Selanjutnya kami juga akan menghadirkan "Rumah Kita"  di Merauke, Sorong, dan Serui serta daerah lainnya," pungkasnya.

"Rumah Kita"  merupakan ide Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN dengan menyinergikan BUMN, yakni Pelni, Pelindo, RNI, Bulog, PPI dan lainny. Bersama BUMN dengan BUMD serta BUMDes mereka dapat sinergi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan bersama-sama membantu menurunkan harga di rute tol laut. "Kemenhub telah menugaskan BUMN untuk membangun  40 Rumah Kita di Indonesia. Pelni mendapat penugasan 4 "Rumah Kita" di Timika, Manokwari, Morotai dan Saumlaki. Semua telah terwujud."  ***