Mohon tunggu...
Euis Novianti
Euis Novianti Mohon Tunggu... Life Must Goes On

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta - 20107030016

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Dapat Banyak Cuan dari Saham, Kenapa Tidak? Yuk Simak Triknya (Part 1)

10 Maret 2021   20:27 Diperbarui: 10 Maret 2021   20:58 283 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dapat Banyak Cuan dari Saham, Kenapa Tidak? Yuk Simak Triknya (Part 1)
Sumber gambar : topbussines.id

Pernah gak kalian denger kata Saham? Pernah gak kalian lihat orang dapat cuan dari saham? Atau kalian udah tertarik nih dengan saham? Tapi kalian masih bingung dengan bagaimana cara memulai berinvestasi dengan saham.

Eitss.. jangan khawatir, kali ini penulis akan memberikan gambaran mengenai apa itu saham, kenapa harus berinvestasi saham, dan bagaimana cara memulai investasi saham.

Pembahasan mengenai saham itu sangatlah luas, oleh karena itu penulis membagi ilmu ini kedalam beberapa part. Stay tune ya !!

Pertama, sebelum kalian memulai untuk berinvestasi saham maka kalian perlu tahu dulu apa itu saham. Jika dilihat dari segi pengertian, saham memiliki banyak sekali definisi. Tetapi disini penulis mengambil pendapat dari Sapto (2006:31) yang mengemukakan bahwasannya saham merupakan surat berharga yang merupakan instrument bukti kepemilikan atau pernyataan dari individu atau institusi dalam suatu perusahaan.

Bagaimana? Sampai sini paham tidak pengertian saham? Oke oke jika masih belum paham saya persingkat ya. Jadi saham itu merupakan bukti penyertaan modal dalam kepemilikan dari perusahaan.

Kedua, adalah jika kalian memutuskan berinvestasi dengan saham kalian pasti bertanya " dari mana untung yang kami dapatkan dari investasi saham ini? ". Jawabannya sederhana. Jika kalian memutuskan berinvestasi saham, maka kalian akan memiliki dua sumber pendapatan.

Kenuntungan pertama yakni dari Capital Gain. Kapital gain merupakan keuntungan yang didapatkan oleh seseorang dari harga jual asset modal yang lebih tinggi daripada harga beli saham. Sebagai contoh, ketika kita membeli saham Rp 100 perlembar saham dan semiggu kemudian harga jual saham kita naik menjadi Rp 110 maka keuntungan yang kita miliki adalah Rp 100 perlembar saham. Oleh karena biasanya saham dibeli per lot dan satu lot nya memiliki 100 lembar maka tinggal dikalikan saja berapa keuntungan yang kita dapatkan.

Baiklah saya anggap kalian faham dengan Capital Gain.

Sumber keuntungan selanjutnya yakni dari Deviden. Deviden merupakan pembagian laba perusahaan kepada setiap pemegang saham berdasarka banyaknya jumlah saham yang dimiliki. Pembagian laba saham ini biasanya diberikan setiap tanggal cum-dividend, yakni tanggal terakhir aktivitas perdagangan saham.

Deviden sendiri biasanya dibagikan dalam  dua jenis, ada yang dibagikan dalam berupa saham lagi atau dalam bentuk uang tunai. Pembagian deviden ini tergantung dari kebijakan management serta persetujuan rapat umum pemegang saham (RUPS) mengenai besaran deviden yang akan dibagikan kepada investornya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x