Mohon tunggu...
suhatril isra
suhatril isra Mohon Tunggu... Konsultan - Bertualang dari waktu ke waktu

Membaca, foto, menulis tentang kondisi petani dan pertanian, pemberdayaan masyarakat melalui sekolah lapangan. lahir dan besar di Padang.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Mulsa Tanpa Olah Tanah Tanaman Padi

11 Oktober 2021   06:49 Diperbarui: 11 Oktober 2021   06:58 177 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
foto atas : jerami dibakar foto bawah : jerami dijadikan mulsa (Dokpri)

Selama ini kita mengenal bahwa untuk bertani padi sawah selalu dilakukan pengolahan tanah, melakukan pengolahan tanah akan berpengaruh terhadap struktur tanah dan pH tanah. Sehingga perlu di pikirkan bersama mencari solusi agar tanah tidak di olah. 

Selain itu juga sawah selama ini selalu digenang, hal ini berpengaruh terhadap jumlah mikroorganisme yang berada dalam tanah, juga berpengaruh terhadap pertumbuhan akar tanaman padi, sawah tergenang juga menyumbang gas metan yang berpengaruh terhadap pemanasan global. 

Selain permasalahan tersebut, petani juga dihadapkan pada masalah hama keong dan gulma pada saat padi usia muda. Selama ini kebanyakan petani mengendalikan dengan dengan racun, dan ada juga yang dikendalikan secara alami.

Setelah panen, pada umumnya jerami masih dibakar, yang ikut menyumbangkan asap. Asap yang mengandung CO2 ikut menyumbang pemanasan global yang akan ikut berpengaruh terhadap perubahan iklim.

 Akan tetapi saat ini telah ada berkembang teknologi mulsa tanpa olah tanah untuk tanaman padi sawah

Penggunaan mulsa jerami bertujuan untuk melindungi tanah dari teriknya sinar matahari sehingga mempengaruhi suhu tanah, kelembaban tanah, mikroorganisme yang berada dalam tanah.

Berdasarkan pengalaman Zuki, dengan penggunaan mulsa jerami maka hama keong yang selama ini ditakutkan menyerang pada saat padi usia muda dapat teratasi. Selain itu gulma juga tidak berkembang karena tertutup oleh mulsa.

Sawah juga tidak digenang seperti biasanya.

Langkah mulsa tanpa olah tanah tanaman padi :

1. Membuat bedengan : lebar bedengan 1 - 1,5 M, parit dengan lebar 20 cm, dalam parit minimal 20 cm

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan