Mohon tunggu...
Suharyanto Pusbiola
Suharyanto Pusbiola Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan

Bekerja di Perpustakaan Nasional RI

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Konsep dan Praktik Pembangunan Literasi

18 Mei 2024   07:07 Diperbarui: 18 Mei 2024   07:09 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 sumber gambar Humas Perpusnas 2024

Plt. Kepala Perpustakaan Nasional RI, E Aminudin Aziz dalam penutupan Rakornas Bidang Perpustakaan, 15 Mei 2024 di Jakarta menyampaikan tentang konsep literasi. Pada intinya literasi secara sederhana  adalah kemampuan  untuk mengolah informasi, apakah informasi itu bentuknya tektual maupun non tektual lalu informasi ini diolah dan digunakan untuk meningkatkan kecakapan kualitas hidup kita.

Aminudin Aziz juga menyampaikan tugas utama perpustakaan adalah  memberikan fasilitasi  supaya orang untuk membaca dan supaya orang dapat menggali ilmu pengetahuan.

Dari kedua konsep literasi dan perpustakaan maka jelaslah bahwa perpustakaan mempunyai peran yang sangat penting dalam upaya peningkatan literasi masyarakat melalui penyediaan bahan bacaan bermutu.

Aminudin juga mengingatkan pentingnya kolaborasi dan gotong royong antar instansi untuk mengawal program-program literasi yang telah direkomendasikan dalam Rakornas. Literasi juga telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional.

Kolaborasi yang sedang dan akan dilakukan oleh Perpusnas adalah berkaloborasi dengan Kementerian Desa PDTT melalui pemanfatan dana APBDesa.


Perpusnas juga akan berkolaborasi dengan kemendikbudriatek melalui Badan Standar, Kurikulum, dan Assesmen pendidika dengan  program Sastra masuk kurikulum.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun