Suhanda Suhanda
Suhanda Suhanda Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK

I like sharing with all people about knowledge and etc

Trip

Perjalanan Menuju Kawah Putih Ciwidey, Bandung

26 Mei 2022   15:18 Diperbarui: 26 Mei 2022   15:20 1001
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Di penghujung akhir bulan Mei 2022, sekolah tempat saya mengajar melakukan traveling ke kawasan destinasi objek wisata kawah putih, serta kawasan Gampling Ranca Bali Ciwidey Bandung.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa siswi SMP kelas 9 yang baru saja menyelesaikan ujian satuan pendidikan (USP) dengan tujuan tadabur alam, melihat kekuasaan Allah dengan cara berzikir dan mensyukuri semua nikmat yang telah Allah berikan.

Tepatnya pada tanggal 23 Mei 2022 pukul 01:30 Wib, kami melakukan perjalanan menuju Bandung menggunakan bis putra kju. Sebelum berangkat kami berdo'a terlebih dahulu meminta keselamatan kepada Allah SWT. Setelah berdo'a akhirnya bis melaju menuju Ciwidey Bandung.

Sekitar pukul 04:00 Wib, kami istirahat di res area km 57. Kami istirahat, ganti baju kemudian melakukan sholat subuh berjamaah. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan. Pada pukul 08:00 Wib, kami singgah di full bus putra kju untuk sarapan pagi, dan mck. Selesai sarapan dan mck, kamipun melanjutkan perjalanan kembali menuju Ciwidey Bandung.

Badan terasa lelah, akhirnya tidak terasa saya tertidur dibus. Sayup sayup terdengar suara siswa yang membangunkan, akhirnya saya membuka mata, ternyata sudah sampai ke tempat yang dituju kawasan destinasi wisata kawah putih. Kamipun turun dari bus dan siap siap melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil kecil berwarna kuning menuju puncak kawah putih

Di perjalanan saya lihat ternyata jalan aspal yang dilalui mobil banyak sekali yang rusak tergerus air hujan dan lubang lubang menganga membahayakan pengendara mobil atau motor, jika tidak hati hati mudah terperosok dan ban mudah gembos. Demi kenyamanan para pelancong, penikmat alam mudah mudahan pemerintah setempat atau pengelola wisata kawah putih dapat memperbaiki akses jalan menuju kawah putih.

Beberapa menit kemudian, akhirnya sampailah kami dipuncak kawah putih. Sebelum ke kawah putih, siswa siswi bertukar kado kemudian mengambil Poto bersama denga para dewan guru dan Staff. Setelah puas berpoto, kami langsung menuju kawah putih dengan menyusuri tangga satu persatu. Sesampainya di kawah putih ternyata ada sesuatu yang baru, yaitu jembatan apung yang terbuat dari kayu dan dibawahnya ada tong berwarna biru. Jika ingin mencoba masuk dan berjalan diatas jembatan apung dikenakan biaya masuk Rp 15.000/orang. Disana kami mengambil Poto yang siap untuk dijadikan kenangan bersama.

Bau belerang yang lumayan menyengat membuat saya tidak bisa berlama lama di kawah, akhirnya saya memutuskan untuk menjauh dari kawah sambil menunggu yang lain selesai. Bagi yang ingin membersihkan kulit dari penyakit gatal, pihak pengelola menjual sabun belerang yang bisa dibeli di outlet yang tersedia.

Setelah semuanya puas menikmati indahnya kekuasaan Allah (kawah putih), kamipun turun ketempat dimana bus menunggu untuk melakukan perjalanan ke destinasi ke dua, Glamping Ranca Bali yang letaknya tidak jauh dari kawah putih.

Seteh semuanya sudah di dalam bus, kami melanjutkan perjalanan menuju destinasi wisata yang kedua. Sepanjang perjalanan terlihat hamparan perkebunan teh Ranca Bali yang membuat mata ini terbelalak melihatnya, sungguh indah luar biasa "subhanallah".

Tidak menunggu sampai berjam-jam, akhirnya kami sampai ke tujuan, destinasi wisata kedua "Glamping Ranca Bali". Disana ada danau, dan kapal finishi yang tertancap diatas bukit. Didalam kapal kita bisa melihat keindahan sekitarnya dari atas "subhanallah" maha suci Allah. Dan selain itu kita juga bisa menikmati kuliner yang dijual diatas kapal finishi.