Mohon tunggu...
su gita
su gita Mohon Tunggu... Guru - Menulis merupakan bagian hidup

Keinginan jadi penulis sejak masih muda tetapi terkendala informasi dan literatur

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kualitas Sumber daya Manusia dan Kesejahteraan Penduduk Merupakan Syarat Sumber Daya Unggul

20 September 2021   07:00 Diperbarui: 25 September 2021   13:37 111 19 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kualitas Sumber daya Manusia dan Kesejahteraan Penduduk Merupakan  Syarat Sumber Daya Unggul
kemenperin.go.id

Sejak jaman dahulu pendidikan menjadi volemik di setiap negara , demikian juga di Indonesia. Karena pendidikan merupakan gerbang menuju perubahan , apalagi jaman sekarang pendidikan merupakan kebutuhan  utama setiap orang  . Karena tanpa   pendidikan yang memadai ,maka hidup di era digital ini semakin sulit  hidup layak ataupun sejahtera  .

Sedangkan hidup  layak atau sejahtera  perlu memiliki pendapatan yang cukup besar agar dapat memenuhi kebutuhan hidup  .Untuk mendapatkan penghasilan yang besar  perlu keahlian dan ketrampilan yang memadai ,  pada muaranya dari kembali tingkat pendidikan pendidikan yang dimiliki seseorang .

Dengan pendidikannya diharapkan penduduk mampu  memanfaatkan keahlian maupun ketrampilan  untuk memperoleh penghasilan yang  memadai sehingga dapat  memenuhi kebutuhan primer , sekunder  dan  tersier .

Kebutuhan   primer yakni kebutuhan hidup dasar atau wajib terpenuhi setiap orang yakni berupa kebutuhan pangan berupa makanan ,sandang yaitu  pakaian dan tempat tinggal  merupakan rumah yang dihuni . Diharapkan setiap penduduk terpenuhi Kebutuhan dasarnya ,jika tidak terpenuhi berarti tergolong kelompok bawah atau miskin .

Untuk kebutuhan sekunder berupa kebutuhan kedua setelah kebutuhan dasar berupa alat -alat hiburan  TV dan jenis -jenisnya , ,alat transportasi seperti motor ,dan yang lainya , alat rumah tangga meliputi ;Kulkas, Mesin Cuci dan AC , alat -alat media yakni HP , laptop,  dan sejenisnya .

Sedangkan kebutuhan tersier yaitu kebutuhan extra bagi mereka yang mampu memenuhinya meliputi berwisata ke luar daerah untuk penyegaran/ refresing agar tidak jenuh pada kondisi yang monoton.

Dengan adanya kondisi tersebut perlu upaya pemerintah memacu tingkat pendidikan penduduk agar semakin meningkat kuantitasnya dan juga kualitasnya , dengan berbagai pola yakni ;

  1. Program Wajib belajar  bagi setiap penduduk sampai 15 tahun
  2. Menambah fasilitas pendidikan dari tingkat PAUD sampai Perguruan Tinggi.Kerjasama dengan lembaga - lembaga pendidikan tinggi dari luar negeri dalam rangka  peningkatan mutu pendidikan.
  3. Inovasi secara berkelanjutan dibidang pendidikan dan pengajaran
  4. Memeratakan fasilitas -fasilitas pendidikan di seluruh wilayah NKRI yang didukung fasilitasSarana dan infrastruktur yang memadai.

Disamping itu juga perlu mengingkatkan kesejahteraan penduduknya dengan melakukan hal -hal berikut  ;

Menciptakan lapangan kerja 

Lapangan kerja  yang perlu dikembangkan agar menyerap tenaga kerja dalam jumlah  banyak . Untuk menciptakan lapangan kerja perlu kerja sama antara pihak swasta maupun lembaga -lembaga negara .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan