Mohon tunggu...
Sucen
Sucen Mohon Tunggu... Hidup itu sederhana, putuskan dan jangan pernah menyesalinya.

Masa depan bukan Tahun depan, Bulan depan, bahkan minggu depan masa depan adalah hari ini. Manfaatkan hari ini dengan baik maka itulah masa depanmu.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Petani Zaman Now

30 Juni 2019   15:30 Diperbarui: 30 Juni 2019   15:42 0 0 0 Mohon Tunggu...
Petani Zaman Now
dok. pribadi

Tegal, - Puluhan orang dari berbagai profesi ikuti pelatihan hidroponik di Mejasem Hidroponik Centre Jl. Pala Barat I Blok E No. 29 Mejasem Barat Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Minggu, (30/06)

Hydro berasal  dari bahasa yunani yang berarti air dan ponik berasal dari kata ponos yang berarti mengerjakan. Hidroponik adalah bagaimana cara memperlakukan air sebagai media tanam yang diatur sedemikian rupa untuk menghasilkan tanaman sayuran dan buah-buahan yang sehat bebas dari pestisida, lebih mudahnya cara budidaya dengan memanfaatkan media air.

Bercocok tanam hidroponik sedang banyak diminati selain sehat juga mudah diaplikasikan tidak perlu lahan luas bisa memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah.

Kenapa hidroponik?

Ada banyak keunggulan dari cara bercocok tanam dengan hidroponik yaitu :

  • Lebih menghemat air disbanding dengan menanam dengan media tanah
  • Efisiensi tenaga kerja
  • Bias dilakukan dilahan yang terbatas bahkan dimana saja
  • Tidak tergantung dengan musim
  • Pemeliharaan mudah dan terkontrol
  • Menghasilakan produk sayuran yang bersih, sehat, bercita rasa istimewa serta berpenampilan menarik.
  • Kualitas dan kuantitas hasil produksi lebih unggul.

Jenis -- jenis tanaman hidroponik

Sayur Daun ada bayam, kangkung, sawi, pakcoy (sawi sendok.red), selada, kalian, dan daun bawang. Tanaman herbal seperti mint, basil, rosemary, coriander, theme, parsley. Sayur buah ada paprika/cabe, tomat, timun, terong, labu, melon, semangka, strawberry. Tanaman hiaspun bias seperti rose/mawar, christan, garbera, bunga matahari, anggrek, dan edible flower.

Media tanam Hidroponik

Media Tanam Organic

Media tanam yang menggunakan bahan organic yang pada umumnya menggunakan komponen dari organisme hidup. Dainataranya arang sekam, cocopeat (serabut kelapa yang melalui proses), serbuk gergaji, akar pakis dan peatmoss yaitu bahan mati dari gabungan beberapa komponen didalamnya seperti lumut, rumput dan lain-lain, namun komponen utamanya adalah lumut sphagnum.

Adapun keunggulan dari media tana mini adalah daya simpan air tinggi, menjaga PH tetap stabil, porus sehingga akar mudah berkembang, bobot ringan, mudah didapatkan. Kelemahannya adalah kelembaban media tanam tinggi, sterilitas tidak dapat dijamin, dan hanya sekali pakai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x