Mohon tunggu...
SUDJANIPd
SUDJANIPd Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Motivation

12 Mei 2019   15:30 Diperbarui: 12 Mei 2019   15:33 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perkenalkan !

Nama saya Sudjani, S.Pd

Sebagai tenaga pendidik di salah satu sekolah di Kota Madiun yaitu SMP Negeri 12 dengan alamat Jln. Yos Sudarso No. 87. Awal aku ingin ikut diklat Siber IT 2019 adalah dari teman, bahwa kegiatan ini GRATIIIS ! Aku bersemangat untuk mendaftakan diri melalui wa kepada ibu Yuni Egawati yaitu Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Madiun.

 Niat aku mengikuti diklat ini adalah ingin menambah pengalaman artinya video materi ini bermanfaat untuk dipergunakan sebagai media pembelajaran yang lebih berbeda dengan media pembelajaran yang lain. Memang dulu aku sudah mempelajari media pembelajaran yang lain seperti Power Point, Prezi maupun mine map. Alangkah lebih baik[A1] bila menambah pengetahuan lain seperti VIDEO MAKER FX. Ternyata benar memberikan pengalaman yang berharga yaitu peserta dapat mengembangkan kompetensi sebagai seorang pendidik. Mau tidak mau seorang pendidik harus mampu membuat media pembelajaran yang bervariasi sehingga pembelajran di kelas dapat berjalan sesuai tujuannya.

Pertama-tama,  saya masih ragu karena belum memiliki banyak pengetahuan tentang computer. Tapi aku bertekad ingin membuat media pembelajaran yang lebih variatif. Pertama saya hadir diklat ini dibuka oleh Kepala  Dinas Pendidikan Kota Madiun yaitu Bapak Heri Wasana. Nara sumber Kepala SMP Negeri 9 Kota Madiun yaitu Ibu Yuni Egawati, S.Pd, M.Pd, di hadiri Pengawas SMP Kota Mdiun Bapak Joko Mulyono. Untuk materi tentang Kompasiana.com,  saya merasa bingung pada tugas 1, karena terjadi loading terus di laptop, ternyata permasalahan pada internet saya habis. Aku berusaha terus saya pelajari sendiri, namun masih kurang memuaskan. 

Akhirnya saya bisa menyelesaikan  tugas pertama dengan saling berdiskusi dan bertanya dengan teman-teman guru. Kesulitan diklat ini berada pada penginstalan VIDEO MAKER FX. Dengan memperhatikan petunjuk dari nara sumber dan diskusi sama teman peserta diklat, saya dapat membuka aplikasi dan berlatih dengan berbagai fitur didalamnya. Hal ini sangat bermanfaat bagi saya pribadi dan semoga dapat diterapkan oleh peserta diklat untuk pengembangan media pembelajaran di sekolahnya. Akhirnya dengan media pembelajaran yang variatif dan menarik memberikan semangat belajar dan bermakna bagi para peserta didik.

[A1]Media pembelajaran menggunakan VIDEO MAKER FX

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun